Blog

Manfaat Vitamin E

5 Manfaat Vitamin E: Ampuh Cegah Berbagai Penyakit

Vitamin E atau yang disebut Alfa tokoferol adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, mata, sel darah, organ reproduksi, dan otak. Manfaat vitamin E dapat Anda temukan dalam beragam makanan yang mengandung vitamin E.

Selain makanan yang mengandung vitamin E, manfaat vitamin E juga bisa Anda temukan dalam multivitamin E. Suplemen ini berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan. Sebelum mengenal manfaat vitamin E lebih dalam, mari mengenal sumber alami vitamin E berikut.

Sumber Vitamin E

Untuk mendapatkan manfaat vitamin E, ada beragam makanan yang bisa Anda konsumsi. Antara lain, kacang-kacangan, seperti almond dan kacang tanah, kedelai, jagung, minyak biji bunga matahari, dan bibit gandum. Selain itu, sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin E, seperti brokoli, bayam, sawi, daun lobak, alpukat, tomat, pepaya, wortel, dan mangga.

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Selama ini, vitamin E dikenal sebagai nutrisi yang dapat menghaluskan kulit. Namun, manfaat vitamin E ternyata juga penting untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Paparan radikal bebas memiliki dampak yang membahayakan bagi tubuh. Akibat dari radikal bebas salah satunya adalah merusak sel tubuh yang memicu berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel. Kandungan ini bisa Anda dapatkan melalui bayam dan sawi yang kaya akan vitamin E.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Gangguan pada mata biasanya disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Dengan memenuhi asupan harian vitamin E, Anda dapat terhindar dari gangguan mata.

  1. Menjaga Keseimbangan Hormon

Adanya ketidakseimbangan antara sistem endokrin dan sistem saraf memicu munculnya hormon yang tidak seimbang. Beberapa gejala dari hormon yang tidak seimbang, antara lain kenaikan berat badan, infeksi saluran kemih, sakit perut akibat menstruasi, alergi, dan kecemasan berlebih. Vitamin E berfungsi untuk menyeimbangkan sistem endokrin dan sistem saraf yang memicu keseimbangan hormon. Dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin E, maka gejala-gejala di atas bisa dicegah.

  1. Menunjang Kehamilan dan Perkembangan Janin

Asupan vitamin E yang cukup sangat penting untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Vitamin E berfungsi untuk melindungi asam lemak kritis pada janin dan berperan dalam tahap awal perkembangan saraf dan otak janin. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin E, maka akan mencegah kelainan pada janin.

  1. Menurunkan Risiko Alzheimer

Salah satu manfaat vitamin E adalah memperlambat kehilangan memori dan penurunan fungsi otak. Penelitian juga menemukan bahwa senyawa tokotinerol dalam vitamin E berfungsi sebagai anti-inflamasi yang berperan dalam mencegah Alzheimer. Selain itu, konsumsi vitamin E yang dilengkapi dengan vitamin C juga dapat menurunkan risiko demensia.

Tips Mengonsumsi Vitamin E dengan Benar

Selain beragam makanan yang mengandung vitamin E, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin E untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan vitamin E. Namun, suplemen hanya berfungsi sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh dan bukan sebagai pengganti nutrisi dari makanan. Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar penggunaannya aman untuk kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout