5 Manfaat Moisturizer untuk Kulit yang Sehat dan Lembut

manfaat moisturizer

5 Manfaat Moisturizer untuk Kulit yang Sehat dan Lembut

Kulit merupakan organ terbesar dari tubuh yang berfungsi sebagai pelindung organ-organ lainnya. Agar kulit tetap sehat dan berfungsi secara optimal, diperlukan perawatan yang tepat, salah satunya dengan menggunakan moisturizer. Manfaat moisturizer tidak hanya sebatas untuk melembapkan kulit, tetapi juga mengatasi berbagai masalah kulit, seperti: jerawat, kerutan dan kulit kusam.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa moisturizer hanya dibutuhkan oleh pemilik kulit kering, padahal produk ini dibutuhkan oleh semua jenis kulit, baik itu kering, berminyak, kombinasi, maupun sensitif. Penggunaannya secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut.  

Apa Itu Moisturizer?

Dikutip dari artikel ilmiah “Formulasi Sediaan Gel Moisturizer Dari Ekstrak Biji Buah Kebiul (Caesalpinia Bonduc (L). Roxb)”, Magdalena Sahmi Wandari, (2020:12), moisturizer atau pelembap termasuk produk perawatan kulit yang bertujuan untuk mempertahankan struktur dan fungsi kulit dari berbagai pengaruh. 

Beberapa contoh pengaruh yang dimaksud adalah udara yang kering, sinar matahari yang terik, usia lanjut, dan berbagai kondisi lainnya yang dapat membuat kulit menjadi kering. 

Moisturizer mengandung berbagai bahan aktif yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, seperti: hyaluronic acid, glycerin, dan ceramides. Moisturizer bekerja dengan cara membentuk lapisan kulit pelindung di permukaan kulit untuk mencegah hilangnya air.  

Manfaat Moisturizer yang Perlu Diketahui

Kulit sebenarnya secara alami menghasilkan minyak untuk menjaga kelembapan, tetapi faktor lingkungan, seperti cuaca yang ekstrem, penggunaan sabun yang keras, dan paparan sinar matahari dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya. Hal itu dapat membuat kulit menjadi kering, bersisik, dan mudah teriritasi.

Untuk itu, penggunaan moisturizer sangat penting untuk dapat mengembalikan kelembapan kulit dan menjaganya agar tetap sehat. Selain itu, masih ada manfaat lain dari moisturizer.    

1. Mencegah Penuaan Dini

Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami gejala penuaan dini, seperti: munculnya garis halus dan kerutan. Penggunaan moisturizer secara rutin dapat menjaga kelembapan kulit dan memicu produksi kolagen, sehingga mencegah penuaan dini. Hal ini karena di dalam moisturizer umumnya terdapat vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang bisa mengurangi garis halus dan kerutan tersebut. 

2. Mengurangi Peradangan 

Beberapa moisturizer mengandung bahan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, seperti: kemerahan dan iritasi. Kulit yang meradang akan terasa lebih nyaman dan terjaga jika menggunakan moisturizer

3. Mencerahkan Kulit

Moisturizer juga sering kali mengandung bahan aktif tertentu, seperti niacinamide atau vitamin C, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit dengan menyamarkan noda hitam dan meratakan warnanya. Memiliki warna kulit yang merata tentunya akan membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. 

4. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Radikal bebas (sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif) dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Moisturizer yang kaya akan antioksidan seperti vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut.  

5. Memperkuat Skin Barrier 

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang melindungi kulit dan tubuh dari kerusakan akibat polusi, sinar UV, kuman, bakteri, dan lain sebagainya. Agar skin barrier dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, maka kelembapan kulit tentu perlu dijaga dengan maksimal, sehingga terhidrasi dengan baik dan memperkuat skin barrier.  


Manfaat moisturizer terbukti nyata untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Pilihlah moisturizer yang tepat sesuai dengan kondisi kulit wajah serta gunakan pada pagi dan malam hari. Dengan menggunakannya secara rutin, kulit wajah akan menjadi lebih sehat, lembut, dan cantik.  

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout