Blog

Manfaat Bawang Putih

5 Manfaat Bawang Putih: Cegah Kanker Hingga Atasi Infeksi

Tidak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa dalam makanan, bawang putih ternyata juga termasuk dalam bahan alami yang mampu mengatasi berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan kardiovaskular. Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan karena mengandung nutrisi yang melimpah.

Beberapa nutrisi penting dalam bawang putih, antara lain allicin, flavonoid, oligosakarida, asam amino, karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, mangan, dan selenium. Rutin mengonsumsi bawang putih terbukti memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut 5 di antaranya. 

1. Mengatasi Pilek dan Infeksi

Ingin mencegah pilek dan mengobati infeksi? Manfaat bawang putih yang pertama ini adalah salah satu solusinya. Kandungan bawang putih yang berperan besar dalam hal ini adalah senyawa allicin. Senyawa allicin memiliki sifat antimikroba yang berfungsi sebagai anti bakteri dan virus, sehingga efektif untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Suatu penelitian menemukan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki risiko terkena pilek lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi suplemen bawang putih. Bahkan, jika terserang flu, orang yang mengonsumsi bawang putih juga akan pulih lebih cepat.

2. Menurunkan Kolesterol 

Manfaat penting bawah putih lainnya adalah berperan dalam menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Penelitian menemukan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan sekitar 10-15 persen kadar kolesterol total pada mereka yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Namun, meski demikian, hingga saat ini bawang putih belum terbukti secara ilmiah memiliki efek pada kadar trigliserida maupun HDL (kolesterol baik).

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Beberapa penelitian menemukan bahwa bawang putih memiliki efek kardioprotektif, yang berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung. Manfaat ini memiliki efek yang signifikan, baik pada hewan maupun manusia. Selain itu, manfaat bawang putih dalam menurunkan kadar kolesterol jahat ternyata berpengaruh pada kesehatan jantung. Salah satu caranya adalah dengan mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

4. Menurunkan Tekanan Darah 

Salah satu khasiat bawang putih adalah mencegah berbagai penyakit kardiovaskular. Salah satu pemicu dari penyakit kardiovaskular adalah tekanan darah tinggi. Kandungan senyawa nitrit oksida dan allicin dalam bawang putih bermanfaat untuk merelaksasi otot pembuluh darah. Selain itu, allicin juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, sehingga berperan dalam menurunkan tekanan darah. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak bawang putih efektif dalam menurunkan tekanan darah, bahkan memiliki kemampuan yang hampir sama dengan obat penurun tekanan darah.

5. Mencegah Kanker 

Kandungan dalam bawang putih juga berkhasiat dalam upaya mencegah kanker sejak dini. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang memiliki efek mencegah setiap pembentukan sel kanker dan proses biologis yang mencegah risiko kanker. Studi dari National Cancer Institute di Amerika Serikat menemukan bahwa rutin mengonsumsi bawang putih mampu menurunkan berbagai risiko kanker, seperti pankreas, payudara, usus besar, lambung, dan kerongkongan. Khasiat tersebut berasal dari sifat antibakteri bawang putih yang dapat mencegah pembentukan zat-zat pemicu kanker, menghentikan perkembangan zat-zat pemicu kanker, mempercepat peningkatan perbaikan DNA, mengurangi proliferasi sel, serta mendorong kematian sel-sel kanker.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout