Blog

Makanan yang Mengandung Vitamin D

5 Makanan yang Mengandung Vitamin D: Lezat dan Kaya Gizi

Manfaat vitamin D tidak hanya untuk mencegah osteoporosis, namun juga dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit. Antara lain, kanker, jantung, tekanan darah tinggi, dan depresi. Untuk memenuhi kebutuhan gizi vitamin D, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Santapan yang mengandung vitamin D berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan. Pastikan pola makan Anda seimbang dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Beragam Makanan yang Mengandung Vitamin D

Selain melalui sinar matahari secara langsung, manfaat vitamin D juga dapat Anda temukan dalam beragam hidangan yang mengandung vitamin D. Berikut 5 di antaranya:

  1. Kuning Telur

Salah satu makanan yang paling banyak digemari ini merupakan makanan yang mengandung vitamin D. Dalam satu kuning telur, terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Namun, pastikan konsumsi kuning telur jangan berlebihan. Karena, dalam satu telur mengandung sekitar 200 miligram kolesterol, yang tidak direkomendasikan untuk kesehatan jantung.

  1. Jamur

Jika Anda vegetarian, maka jamur adalah salah satu pilihan makanan yang mengandung vitamin D yang bisa Anda konsumsi. Dalam 100 gram jamur jenis portobello terkandung sekitar 400 IU vitamin D. Selain itu, seperti halnya manusia, jamur juga mendapatkan manfaat vitamin D dari paparan sinar matahari.

  1. Salmon

Selain sumber protein dan kaya akan Omega-3 yang penting untuk tubuh, salmon juga mengandung vitamin D. Dalam 100 gram salmon, terkandung sekitar 447 IU vitamin D. Ikan lainnya yang termasuk hidangan yang mengandung vitamin D adalah sarden dan tenggiri.

  1. Susu

Dengan kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, susu perlu untuk dikonsumsi oleh anak dan orang dewasa. Susu mengandung berbagai jenis nutrisi, salah satunya vitamin D. Vitamin D dalam susu bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang, mencegah berbagai penyakit tulang, serta memperkuat kepadatan gigi. 

  1. Ikan Kod

Ikan laut yang satu ini menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan ikan kod mengandung berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Salah satu nutrisi yang penting dalam ikan kod adalah vitamin D. Kandungan ini bermanfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah gangguan tulang, mencegah masalah pernapasan, serta membantu mencegah kanker usus.

Asupan Vitamin D Harian yang Dibutuhkan

Semakin tua usia seseorang, maka kebutuhan akan makanan yang mengandung vitamin D akan semakin bertambah. Pada anak-anak, ibu hamil, dan orang dewasa, rata-rata membutuhkan asupan harian vitamin D sebanyak 600 IU. Sedangkan orang di atas usia 70 tahun membutuhkan asupan harian vitamin D sebanyak 800 IU.

Jika tubuh kekurangan vitamin D, ada beberapa gangguan kesehatan yang muncul. Pada bayi dan anak-anak, berdampak pada keterlambatan pertumbuhan, rentan terhadap infeksi, kelemahan otot, serta rakitis atau kondisi di mana anak mengalami nyeri pada tulang kaki dan otot. Sedangkan dampak kekurangan vitamin D pada orang dewasa, yaitu tubuh yang mudah lelah, nyeri tulang, dan rentan terhadap osteoporosis.

Untuk mencegahnya, rutinlah mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin D untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Selain itu, imbangi pula dengan rutin berolahraga agar kesehatan Anda tetap terjaga. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin. Namun, sebelum mengonsumsinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout