5 Jenis Makanan Bayi 1 Tahun yang Dianjurkan

makanan bayi 1 tahun

5 Jenis Makanan Bayi 1 Tahun yang Dianjurkan

Saat bayi memasuki usia 6 bulan, ia dianggap dapat mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Hal ini dikarenakan beberapa refleks bayi yang sudah lebih baik dibandingkan usia sebelumnya. Namun, saat bayi memasuki usia 1 tahun, makanannya bisa lebih bervariasi. Apa saja makanan bayi 1 tahun yang dianjurkan?

Dikutip dari Center of Disease Control and Prevention, Akademi Dokter Anak di Amerika, menjelaskan bahwa pada saat bayi memasuki usia 1 tahun, mereka bisa makan berbagai jenis makanan. Apa saja makanan bayi 1 tahun tersebut? Berikut penjelasannya.

Makanan Bayi 1 Tahun yang Dianjurkan

Saat bayi berusia sebelum satu tahun dibiasakan makan banyak buah dan sayuran, maka kemungkinan besar ia akan makan berbagai jenis makanan pada usia enam tahun. Apa saja jenis makanan bayi 1 tahun yang dianjurkan? Berikut lima di antaranya.

1. Berries 

Berries merupakan salah satu jenis makanan bayi 1 tahun yang dianjurkan. Seperti halnya orang dewasa, pada usia ini, bayi mulai makan dengan mata mereka. Bayi akan lebih suka makan makanan yang menarik perhatian mereka. Berries memiliki warna merah dari stroberi dan ungu dari blueberry yang dapat menarik mata bayi. Oleh karena itu, Anda bisa memotong stroberi kecil-kecil sebagai finger food. Selain itu, berries juga dapat diolah menjadi jus yang bisa disuapkan ke bayi.

2. Salmon

Makanan bayi 1 tahun yang dianjurkan selanjutnya adalah salmon. Salmon kaya akan DHA, yaitu asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan kognitif, sehingga sangat dibutuhkan bayi yang sedang tumbuh. Anda dapat mengatur jadwal makan agar bayi dapat mengonsumsi salmon seminggu sekali.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu jenis makanan bayi 1 tahun yang dianjurkan. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan kaya akan berbagai nutrisi, seperti protein, vitamin B3, folat, lemak jenuh, dan magnesium, yang baik untuk bayi. Studi menemukan bahwa memberikan kacang-kacangan pada bayi, bahkan pada bayi yang berisiko tinggi memiliki alergi, sebelum usia 1 tahun, dapat mencegah alergi kacang. Namun, hindari memberikan bayi kacang-kacangan dalam bentuk utuh, karena bayi akan mudah tersedak. Sebaiknya mulai dengan memberikan bayi selai kacang.

4. Bawang-bawangan

Anda juga bisa memberikan bayi 1 tahun bawang-bawangan. Misalnya, menambahkan sedikit bawang-bawangan, seperti bawang putih, daun bawang, dan jenis bawang lainnya, pada bubur bayi yang Anda buat. Bawang-bawangan mengandung protein, karbohidrat, serat, serta rendah lemak dan sodium. Memasak bubur dengan menambahkan bawang-bawangan akan memberikan rasa berbeda pada lidah bayi, sehingga lidah bayi akan menjadi kaya rasa dan lebih terbuka dengan banyak rasa berbeda.

5. Sayuran hijau

Sayuran tentunya masuk ke dalam jenis makanan bayi 1 tahun yang dianjurkan. Hal ini dikarenakan sayuran hijau merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Meski sebagian besar bayi pada dasarnya mau mencoba berbagai makanan baru, namun terkadang di awal mereka akan mengernyit dengan rasa baru, atau bahkan menolak makanan baru sekali atau dua kali atau lebih. Namun, Anda jangan menyerah dalam memberikan sayuran hijau yang merupakan makanan paling sehat di dunia, kepada bayi. Dengan mengenalkan sayuran hijau lebih awal pada bayi, ia akan terbiasa dengan rasa bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout