Blog

pertolongan pertama anak sakit perut

5 Cara Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut

Dilansir dari Relations Between Food Intake, Psychological Distress and Gastrointestinal Symptomps, sakit perut pada anak bisa terjadi karena salah makan atau efek psikologis. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat memberikan cara pertolongan pertama anak sakit perut.

Agar dapat memberikan pertolongan pertama anak sakit perut, orang tua perlu mengetahui penyebab sakit perut yang dialami anak terlebih dahulu. Apa saja penyebabnya? Berikut penjelasannya.

Penyebab Sakit Perut pada Anak

Dikutip dari An Approach to Functional Abdominal Pain in Children and Adolescents, sakit perut pada anak dan remaja bersifat fungsional. Sakit perut anak dapat membaik dan sembuh dalam beberapa jam atau beberapa hari tanpa perawatan khusus. Dikutip dari Better Health, berikut beberapa penyebab sakit perut pada anak dan remaja:

  • Masalah makanan, seperti alergi makanan, keracunan makanan, dan terlalu banyak makan.
  • Masalah usus, seperti iritasi usus besar, sembelit, dan kolik.
  • Sakit karena menstruasi, di mana anak perempuan dapat merasakan sakit sebelum terjadi menstruasi.
  • Gastroentritis: Infeksi ginjal, infeksi bagian tubuh lain, dan infeksi kandung kemih.

Pertolongan Pertama Anak Sakit Perut

Dengan mengetahui beberapa penyebab sakit perut pada anak dan remaja, maka Anda bisa lebih memahami cara melakukan pertolongan pertama anak sakit perut. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menangani anak yang sakit perut:

1. Memastikan anak istirahat

Cara pertolongan pertama anak sakit perut adalah memastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup. Sakit perut pada anak dapat membuatnya tidak nyaman dan membuat mereka sulit untuk beristirahat. Ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka dapat membuat sistem kekebalan tubuhnya menurun. Oleh karena itu, jika mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka anak akan menjadi lebih sehat dan kuat.

2. Pastikan asupan cairan anak cukup

Memastikan asupan cairan anak tercukupi adalah cara pertolongan pertama anak sakit perut berikutnya. Anda perlu mengajarkan si kecil bahwa tubuh membutuhkan cairan lebih banyak ketika sakit perut menyerang. Selain itu, agar anak tidak bosan minum air putih, sebaiknya Anda menyiasatinya dengan memberikan jus buah sesekali.

3. Jangan memaksa anak makan

Meski makanan bisa menjadi sumber energi, namun salah satu bentuk pertolongan pertama anak sakit perut adalah tidak memaksa anak untuk makan. Jika anak lapar, sebaiknya berikan makanan dengan tekstur halus, seperti bubur atau jus buah, yang dapat mengisi perut anak. Selain itu, memenuhi asupan cairan anak juga dapat menenangkan saraf yang sakit di bagian perutnya.

4. Kompres dengan menggunakan air panas

Pertolongan pertama anak sakit perut lainnya adalah memberikan kompres. Anda bisa menggunakan handuk yang direndam air hangat atau memberikan anak botol yang berisi air panas untuk mengompres perutnya yang sakit. Hal ini dikarenakan rasa panas yang dihasilkan dari kompres dapat membantu tubuh anak melawan rasa sakit pada perut, sama seperti cara kerja obat pereda nyeri pada umumnya.

5. Hindari memberikan anak makanan tertentu

Untuk mencegah keluhan sakit perut semakin parah, sebaiknya jangan memberikan anak beberapa jenis makanan dan minuman, seperti makanan yang digoreng dan berminyak, minuman bersoda, buah yang asam, dan makanan pedas. Jika sakit perut anak disebabkan oleh alergi susu, sebaiknya hindari pemberian susu selama beberapa waktu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout