Blog

cara mengompres anak demam

5 Cara Mengompres Anak Demam yang Benar

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk menurunkan gejala demam pada anak adalah mengompres dengan air. Meski mudah dan bisa dilakukan di rumah, namun masih banyak yang salah kaprah mengenai cara mengompres anak demam yang benar.

Agar tidak berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, diperlukan cara yang tepat dalam mengompres anak saat demam. Dengan melakukan cara yang tepat, maka proses pemulihan menjadi lebih cepat. Berikut 5 cara mengompres anak saat demam yang direkomendasikan.

Lihat juga: Suplemen Imun Anak

Menggunakan suhu yang tepat

Menggunakan air hangat dengan suhu yang tepat adalah salah satu cara mengompres anak demam yang benar. Pastikan suhu air hangat tidak melebihi suhu tubuh anak, sehingga suhu ideal yang dianjurkan untuk anak adalah sekitar 27-34 derajat Celcius. Jika anak Anda mengalami demam dengan suhu tubuh di atas 39 derajat Celcius, sebaiknya gunakan air hangat yang memiliki suhu mencapai 34-37 derajat Celcius. Dengan demikian, semakin tinggi suhu demam anak, semakin tinggi pula suhu air hangat yang digunakan.

Mengompres pada bagian tubuh yang benar

Banyak yang beranggapan dahi atau kening adalah bagian yang perlu dikompres. Namun, ternyata ada beberapa bagian tubuh lain yang juga perlu dikompres. Dengan mengetahui bagian tubuh apa saja yang perlu dikompres, maka proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Pada umumnya, panas tubuh dikeluarkan melalui pembuluh-pembuluh besar yang berada di dekat kulit di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan. Oleh karena itu, kompres sebaiknya dilakukan di sekitar pembuluh darah besar, seperti leher, ketiak, serta lipatan paha selama kurang lebih dari 15-20 menit. Perut atau bagian tubuh yang terbuka juga bisa dikompres.

Bisa dilakukan dengan cara menyeka

Selain mengompres, cara menurunkan anak demam berikutnya adalah menyeka seluruh tubuh anak. Caranya, usapkan air hangat di seluruh tubuh anak dengan menggunakan handuk basah, lalu keringkan. Agar hasilnya lebih optimal, ulangi cara ini beberapa kali setiap 15-20 menit hingga suhu tubuh anak turun, yaitu di bawah 37,5 derajat Celcius.

Memandikan anak

Pernahkah Anda mendengar mitos jangan memandikan anak saat demam? Ya, karena mitos tersebut banyak orangtua yang enggan memandikan anaknya saat demam. Sebenarnya, mitos ini tidak benar, karena memandikan anak adalah cara kompres anak demam berikutnya. Gunakan suhu air hangat yang tepat, yaitu sekitar 30-32 derajat Celcius. Untuk memastikan suhu yang tepat, Anda dapat menggunakan termometer. Selain menurunkan suhu tubuh, memandikan anak dengan air hangat saat demam juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh anak dari kuman yang ada di kulit. Setelah dimandikan, pastikan untuk segera mengeringkan tubuh anak dan memakaikannya pakaian agar anak tidak kedinginan. Mandikan anak dengan air hangat seperti biasa, yaitu dua kali sehari.

Mempertimbangkan kompres sekali pakai

Cara mengompres demam anak berikutnya adalah dengan menggunakan kompres sekali pakai. Namun, kompres sekali pakai tidak dianjurkan untuk digunakan oleh anak berusia di bawah 2 tahun. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih sensitif. Perlu diingat, kompres sekali pakai hanya dapat mengompres sebagian kecil tubuh anak saja. Untuk hasil yang lebih efektif, pastikan Anda melakukan cara mengompres anak demam dengan cara membasahi seluruh permukaan tubuh anak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout