Blog

cara mengobati asma

5 Cara Mengobati Asma Secara Alami

Asma merupakan penyakit yang menyerang organ pernapasan. Penyakit ini dapat muncul ketika ada peradangan yang menyerang saluran pernapasan dan meningkatkan produksi lendir yang berada pada saluran, sehingga saluran pernapasan akan menyempit dan penderitanya akan kesulitan bernapas. Namun, ada cara mengobati asma untuk mengatasinya.

Gejala asma biasanya berupa napas yang berbunyi, sesak napas, nyeri pada bagian dada, serta batuk kecil hingga batuk parah. Namun, penderita asma bisa menunjukkan gejala yang berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Untuk mengurangi gejalanya, Anda bisa melakukan beberapa cara mengobati asma secara alami berikut:

Cara Mengobati Asma Secara Alami

Meski obat-obatan dapat digunakan untuk mengobati asma, namun pemakaian obat secara jangka panjang akan menyebabkan risiko kesehatan yang lain. Untuk mencegah hal tersebut, ada cara mengobati asma yang lebih aman dan efektif untuk menyembuhkan asma dan juga sebagai terapi untuk mengatasi asma, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut 5 di antaranya:

1. Ramuan bawang putih

Bawang putih merupakan obat asma alami yang ampuh untuk mengobati asma tahap awal. Hal ini dikarenakan bawang putih berfungsi untuk membantu organ pernapasan agar menjadi lebih lega, mengurangi cairan lendir dalam organ pernapasan, dan berguna sebagai makanan penurun darah tinggi yang aman. Berikut cara penggunaannya:

  • Rebus 2 siung bawang putih dalam 100 ml air.
  • Minum air rebusan ketika sudah dingin.
  • Sebaiknya minum ramuan tersebut di malam hari.

2. Jahe

Cara mengobati asma secara alami berikutnya adalah jahe. Jahe merupakan sejenis tanaman rimpang yang telah terbukti dapat meringankan gejala sesak napas dan mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk semua jenis asma dengan berbagai jenis penyebab. Berikut cara menggunakannya:

  • Rebus beberapa ruas jahe segar yang baru dipetik.
  • Hindari menggunakan jahe yang sudah disimpan lama.
  • Minum air rebusan jahe saat masih hangat.

3. Kopi

Meski mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, namun ternyata kopi dapat digunakan sebagai minuman untuk mengobati asma. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi berfungsi untuk menghilangkan semua gangguan pernapasan dan melegakan saluran pernapasan. Untuk penderita asma, sebaiknya konsumsi kopi hitam pahit tanpa gula untuk menangkal serangan asma. Namun demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi terlalu sering, karena kafein berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

4. Ramuan bawang bombay

Bawang bombay bisa digunakan sebagai cara mengobati asma yang ampuh. Hal ini dikarenakan bawang bombay mengandung zat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Selain itu, bawang bombay juga dapat menurunkan peradangan yang terjadi pada paru-paru. Untuk mengobati asma, sebaiknya konsumsi bawang bombay mentah.

5. Madu

Cara mengobati asma secara alami lainnya adalah madu. Madu mengandung zat alami yang dapat membantu melegakan saluran pernapasan bagi orang yang terkena asma. Alkohol dalam madu juga memiliki salah satu zat yang bersifat menenangkan rongga pernapasan. Selain itu, madu juga mengandung nutrisi yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Berikut cara menggunakannya: 

  • Siapkan satu sendok teh madu.
  • Tambahkan sedikit kayu manis bubuk dan larutkan.
  • Konsumsi madu secara langsung atau Anda juga bisa melarutkannya dalam air hangat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout