Blog

Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung yang efektif? Simak penjelasan berikut.

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung yang Efektif

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat dengan bentuk titik-titik hitam kecil di sekitar hidung. Komedo sering kali mengganggu penampilan, bahkan memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung?

Komedo biasanya muncul di sekitar hidung, namun tidak menutup kemungkinan muncul di area tubuh lainnya. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi komedo, namun sering kali tidak efektif. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo di hidung yang efektif? Simak penjelasan berikut.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung yang Efektif

Meski tidak berbahaya, namun komedo bisa memengaruhi penampilan. Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi komedo yang membandel. Namun, apakah cara tersebut aman dan efektif? Menghilangkan komedo dengan cara yang salah justru menyebabkan pori-pori semakin besar dan mudah tersumbat, sehingga memunculkan jerawat lainnya.

Untuk mengatasi komedo secara tepat, Anda perlu melakukannya tanpa membuat kerusakan baru di kulit wajah. Selain itu, menghilangkan komedo membutuhkan proses yang tidak instan dan perlu dilakukan secara konsisten, bahkan membutuhkan waktu 1 bulan untuk melihat hasilnya. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang efektif dan mudah dilakukan di rumah:

1. Membersihkan wajah minimal dua kali sehari

Membersihkan wajah secara teratur dapat membantu mencegah minyak dan kotoran menumpuk dan menyumbat pori-pori, sehingga bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, membersihkan wajah secara teratur dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, minyak, kotoran, dan riasan yang tertinggal di kulit wajah. 

2. Membersihkan wajah setelah berolahraga

Setelah berolahraga, tubuh biasanya mengeluarkan keringat berlebih yang menyatu dengan sel kulit mati, bakteri, dan kotoran. Akibatnya, pori-pori akan tersumbat dan menyebabkan munculnya komedo di hidung. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan wajah sebelum dan setelah berolahraga atau aktivitas lainnya yang menyebabkan keringat berlebih.

3. Menggunakan strip pori

Meski penggunaan strip pori masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan para ahli, namun strip pori-pori bisa digunakan untuk menghilangkan komedo yang masih baru. Produk ini dilengkapi dengan perekat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran di kulit. Namun, hindari penggunaan strip pori untuk masalah komedo yang sudah lama.

4. Eksfoliasi wajah dengan physical exfoliator

Setelah membersihkan wajah secara teratur, Anda dianjurkan untuk melakukan perawatan berupa physical exfoliator yang menggunakan scrub. Perawatan ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. 

Perlu diingat, penggunaan physical exfoliator mungkin akan terasa keras pada beberapa jenis kulit. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan physical exfoliator sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Setelah menggunakan produk ini, segera oleskan pelembap wajah untuk mencegah iritasi kulit.

5. Tea tree oil

Tea tree oil dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya menghilangkan komedo di hidung. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan komedo hitam secara alami. Minyak alami ini dapat mencegah komedo hitam dengan cara membunuh bakteri dan membersihkan pori-pori.

Cara menggunakannya:

  • Teteskan tea tree oil ke kapas.
  • Aplikasikan ke area hidung yang terdapat komedo hitam.
  • Diamkan selama beberapa jam.
  • Lalu, bilas hingga bersih.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout