Blog

cara mengembalikan indra penciuman

5 Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Ampuh Atasi Gejala Covid-19

Pernahkah Anda mendengar tentang anosmia? Anosmia atau yang dikenal dengan kehilangan indra penciuman adalah salah satu gejala Covid-19 yang paling sering dikeluhkan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengembalikan indra penciuman yang mudah dan efektif.

Ada dua jenis bau yang tidak bisa dikenali oleh pasien Covid-19, yaitu minyak kelapa dan aroma peppermint. Meski demikian, orang yang terinfeksi Covid-19 tidak sepenuhnya kehilangan kemampuan penciuman. Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kehilangan penciuman.

Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Hilang

Jika Anda mengalami kehilangan kemampuan penciuman, tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan beberapa penanganan di rumah dengan mudah dan efisien. Berikut 5 di antaranya.

1. Melatih Penciuman

Salah satu langkah pertama untuk mengatasi gejala anosmia adalah dengan melatih mencium bau dan aroma. Anda bisa melakukan cara ini dengan menghirup secara perlahan selama 20 detik. Lakukan cara yang sama 3 kali sehari selama 6 minggu. Untuk melatih penciuman Anda, pilih benda yang memiliki bau dan aroma yang khas. Namun, sebaiknya, jangan pilih benda yang memiliki aroma bau busuk, seperti sampah dan karet terbakar. Dua aroma tersebut justru akan menimbulkan kerusakan pada indra penciuman. 

Berikut beberapa aroma yang bisa Anda gunakan:

  1. Daun Mint
  2. Jeruk
  3. Minyak kayu putih
  4. Mawar
  5. Cengkih
  6. Vanilla

2. Mengonsumsi Jahe

Aroma khas lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembalikan indra penciuman adalah jahe. Untuk melatih penciuman Anda, pilih jahe bubuk atau mentah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi teh jahe sebagai pengobatan alami anosmia. Caranya, gunakan teh celup jahe yang sudah jadi atau Anda bisa membuatnya sendiri dari jahe mentah. Kemudian, kupas dan potong-potong jahe mentah, seduh satu sendok makan jahe mentah dengan dua cangkir berisi air panas selama 15 menit. Untuk hasil yang optimal, konsumsi minuman tersebut secara rutin.

3. Mengonsumsi Bawang Putih 

Cara mengembalikan indra penciuman lainnya adalah menggunakan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antivirus yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengembalikan indra perasa yang hilang di jalur napas dan rongga mulut.

Berikut cara mudah mengolah bawang putih yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Hancurkan 4-5 siung bawang putih, lalu campurkan ke dalam air mendidih.
  2. Rebus selama 2 menit, masukkan sedikit garam.
  3. Minumlah saat masih panas. Lakukan dua kali dalam sehari agar indra penciuman Anda normal kembali.

4. Mengonsumsi Cabai

Kandungan vitamin C dan capsaicin dalam cabai ternyata juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, rempah yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi indra penciuman, serta membersihkan hidung tersumbat. Untuk memulihkan kondisi tubuh yang terpapar virus Covid-19, pastikan Anda mencampur cabai ke dalam secangkir air, lalu tambahkan madu. 

5. Membersihkan Saluran Hidung

Membersihkan bagian dalam atau saluran hidung juga dapat Anda lakukan sebagai cara memulihkan indra penciuman yang efektif. Gunakan larutan air asin untuk membantu mengembalikan indra penciuman Anda. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan hidung dengan nasal spray. Lakukan dengan cara menyemprotnya dalam jumlah sedikit. Anda juga bisa melakukan cara ini jika mengalami sinusitis atau polip nasal.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout