5 Cara Mengatasi Bau Mulut yang Aman dan Efektif

Cara Mengatasi Bau Mulut

5 Cara Mengatasi Bau Mulut yang Aman dan Efektif

Bau mulut adalah gangguan yang bisa terjadi pada siapa saja. Jika Anda termasuk orang yang sering berinteraksi atau berbicara dengan orang lain, hal ini tentunya sangat mengganggu. Namun jangan khawatir, hal ini bisa dicegah dengan beberapa cara mengatasi bau mulut.

Bau mulut disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik, sehingga muncul plak gigi dan bakteri yang menimbulkan bau. Bau mulut juga merupakan masalah yang sering dikeluhkan selain gigi berlubang dan gusi bengkak. Agar hal ini tidak terjadi, berikut 5 cara mengatasi bau mulut yang bisa Anda lakukan.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang menghasilkan senyawa kimia berbau. Bakteri tersebut muncul karena masalah gigi dan mulut, seperti plak gigi, gigi berlubang, sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi, sisa akar gigi yang tertinggal, serta peradangan atau infeksi pada rongga mulut. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh lidah yang kotor.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Untuk mencegah timbulnya bau mulut, pastikan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut Anda tejaga. Berikut 6 cara menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Membersihkan lidah

Lidah merupakan salah satu organ yang perlu dibersihkan secara rutin. Gunakan sikat khusus lidah atau tongue scraper untuk membersihkan lidah. Jika Anda ingin menggunakan sikat gigi, pilih sikat gigi berbulu lembut. Bersihkan lidah dengan lembut dan tidak perlu menekan terlalu keras, karena bisa menyebabkan lidah terluka.

2. Menyikat gigi dua kali sehari

Meski sangat umum dilakukan, namun cara mengatasi bau mulut yang satu ini perlu dilakukan dengan benar. Caranya, sikatlah gigi pada pagi dan malam hari sebelum tidur dan gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus. Selain itu, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

3. Membersihkan gigi dengan dental floss

Sisa makanan yang menyempil di sela-sela gigi terkadang sulit untuk dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan dental floss yang bisa membersihkan sisa makanan hingga ke sela-sela gigi. Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss tidak hanya dilakukan jika ada sisa makanan yang terselip, namun juga perlu dilakukan secara rutin setelah menyikat gigi. Dengan cara ini, dapat menurunkan risiko munculnya bau mulut.

4. Menggunakan obat kumur

Berkumur dengan menggunakan obat kumur dapat membantu mencegah terbentuknya plak gigi yang memicu bau mulut. Namun, sebaiknya jangan gunakan obat kumur yang mengandung alkohol, karena jika digunakan secara berlebihan akan menyebabkan infeksi jamur. Selain itu, perhatikan juga waktu yang tepat untuk menggunakan obat kumur. Hindari menggunakan obat kumur setelah sikat gigi karena dapat menghilangkan kandungan yang baik untuk gigi, seperti fluoride. Gunakan obat kumur setelah makan siang atau sesuai anjuran dokter gigi.

5. Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara rutin

Cara mengatasi bau mulut lainnya adalah rutin memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Dengan rutin ke dokter gigi, Anda bisa mendeteksi adanya masalah bau mulut sejak dini, sehingga bisa segera diatasi. Namun, sebelum berkonsultasi ke dokter gigi, sebaiknya Anda melakukan 4 cara di atas terlebih dahulu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout