Blog

Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara memerahkan bibir secara alami yang bisa Anda terapkan.

5 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami: Scrub Bibir Hingga Konsumsi Vitamin E

Bibir merah muda dan lembap dipercaya oleh sebagian perempuan sebagai bibir yang sehat. Selain itu, bibir merah juga membuat seseorang terlihat lebih menarik. Namun, bagaimana cara memerahkan bibir secara alami?

Bibir yang terlihat gelap dan kusam disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman berkafein dan alkohol berlebihan, serta alergi terhadap odol atau lipstik. Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara memerahkan bibir secara alami yang bisa Anda terapkan.

Berikut beberapa cara membuat bibir terlihat merah alami yang bisa Anda coba:

1. Scrub bibir

Bibir yang terkelupas membuat bibir tidak terlihat merah secara alami. Oleh karena itu, Anda perlu membuang kulit yang terkelupas dengan scrub khusus bibir. Lakukan cara ini ketika atau setelah mandi dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus atau handuk bersih yang sudah bibasahi, kemudian gosok bibir secara perlahan.

Selain memerahkan bibir secara alami, menyikat bibir dengan menggunakan sikat gigi dapat melancarkan aliran darah ke bibir. Setelah melakukan scrub bibir, gunakan lip balm agar bibir tetap sehat.

Selain itu, scrub bibir bermanfaat untuk membuang sel-sel kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan kolagen baru yang dapat menghambat proses penuaan kulit, sehingga bibir terlihat merah, cerah, dan sehat.

2. Perbanyak minum air putih

Cara menerapkan bibir lainnya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Agar asupan cairan tercukupi, minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dibutuhkan 2-3 liter air putih untuk menghidrasi tubuh, termasuk kulit dan bibir.

3. Lindungi bibir dari paparan sinar matahari

Salah satu penyebab bibir yang gelap dan kusam adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Untuk melindungi bibir Anda dari dampak buruk sinar matahari, aplikasikan lip balm yang mengandung SPF minimal 15.

4. Konsumsi vitamin E

Memenuhi asupan vitamin E harian juga bisa menjadi cara memerahkan bibir secara alami. Vitamin merupakan nutrisi yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Oleh karena itu, untuk mendapatkan bibir yang terlihat merah alami, konsumsi makanan yang mengandung vitamin E, seperti kacang almond, biji bunga matahari, alpukat, dan minyak biji gandum, atau suplemen yang diperkaya dengan vitamin E.

5. Berhenti merokok

Jika Anda ingin memiliki bibir merah yang terlihat alami, sebaiknya berhenti merokok. Banyak penelitian yang menunjukkan dampak buruk rokok bagi kesehatan kulit, termasuk bibir. Selain itu, kebiasaan merokok bisa mempercepat tanda-tanda penuaan, seperti keriput, karena kolagen lebih mudah hilang dan sel-sel kulit menjadi rusak.

Merokok juga bisa menyebabkan bibir terlihat hitam dan kusam. Hal ini dikarenakan produksi zat melanin pada bibir menjadi lebih tinggi. Kandungan nikotin dalam rokok juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah, berkurangnya aliran darah, dan menghambat oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan bibir agar tetap sehat dan kenyal, sehingga bibir terlihat lebih gelap dan kusam.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout