Blog

cara melemaskan rambut

5 Cara Melemaskan Rambut yang Mengembang

Rambut mengembang pada dasarnya disebabkan oleh kondisi rambut yang kering. Rambut yang kering akan berusaha menyerap kelembapan di udara, sehingga membuat rambut semakin mengembang. Hal ini akan bertambah parah jika kondisi cuaca yang lembap disertai kulit kepala berkeringat. Bagaimana cara melemaskan rambut yang mengembang?

Rambut mengembang juga disebabkan oleh efek samping dari produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kulit kepala, misalnya styling gel yang menyebabkan rambut mengembang. Selain itu, terlalu sering menggunakan alat penata rambut, seperti catokan atau hair dryer, juga memicu rambut mengembang. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara melemaskan rambut yang mengembang.

Cara Melemaskan Rambut yang Mengembang

Untuk mengatasi rambut mengembang, pada dasarnya adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Dengan mengikuti pola makan dengan gizi seimbang dan mengelola stres, kondisi kesehatan rambut akan kembali sehat. Namun, Anda juga perlu melakukan beberapa cara melemaskan rambut yang mengembang dan kering berikut:

1. Keramas dengan air dingin

Keramas dengan air dingin adalah salah satu cara melemaskan rambut yang mengembang. Jika Anda keramas dengan air yang terlalu panas, kutikula rambut bisa terbuka. Kutikula adalah lapisan terluar rambut yang melindungi inti rambut. Ketika kutikula terbuka dan kelembapan rambut hilang, maka rambut mengembang bisa terjadi. Oleh karena itu, agar kutikula rambut tidak terbuka, Anda dianjurkan untuk keramas dengan menggunakan air dingin.

2. Jangan terlalu sering keramas

Tidak terlalu sering keramas bisa menjadi cara melemaskan rambut yang mengembang. Hal ini dikarenakan terlalu sering keramas bisa menyebabkan minyak alami pada kulit kepala menjadi berkurang, bahkan hilang. Hal ini dapat memengaruhi kelembapan rambut, sehingga rambut mengembang dan kaku. Namun, pastikan kulit kepala Anda bersih, meskipun Anda sedang tidak keramas.

3. Gunakan sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami

Menggunakan sampo yang tepat akan membantu melemaskan rambut yang mengembang dan kaku. Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan zat kimia, seperti sodium lauryl sulfate, karena bisa membuat rambut mengembang semakin parah. Sebaliknya, gunakan sampo yang mengandung bahan alami agar rambut tidak mengembang dan tetap sehat.

4. Gunakan kondisioner

Pastikan Anda selalu menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut. Cara ini bertujuan untuk membuat kondisi rambut menjadi halus dan tampak berkilau. Jika perlu, gunakan kondisioner tidak hanya pada ujung rambut, melainkan juga sepanjang rambut. Hal ini dikarenakan penggunaan kondisioner bisa menjadi cara membuat rambut lemas dan mudah diatur dengan cepat. Namun, hindari penggunaan kondisioner pada area kulit kepala agar rambut tidak tampak berminyak.

5. Jangan menyisir rambut yang sudah kering

Cara melemaskan rambut lainnya adalah tidak menyisir rambut yang sudah kering. Hal ini dikarenakan menyisir rambut yang kering bisa merusak kutikula, sehingga menyebabkan rambut mengembang dan kaku. Anda justru dianjurkan untuk menyisir rambut dalam kondisi masih setengah basah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout