Blog

cara cek bpjs kesehatan

5 Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Mudah

Pengecekan status aktif tidaknya kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan jika status kepesertaan tidak aktif, maka kartu BPJS Kesehatan tidak bisa digunakan di puskesmas, klinik, atau rumah sakit. Bagaimana cara cek BPJS Kesehatan?

Untuk mengecek aktif tidaknya BPJS Kesehatan, ada beberapa kanal layanan cek BPJS Kesehatan yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa cara cek BPJS Kesehatan secara mudah dan cepat yang perlu Anda ketahui.

Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Mudah

BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). BPJS Kesehatan berupaya menjamin kesehatan masyarakat. Dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang JKN, kepesertaan dalam BPJS Kesehatan adalah wajib. Oleh karena itu, seluruh warga Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan. Berikut cara cek BPJS Kesehatan yang disediakan:

1. Melalui JKN

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Anda bisa cek kepesertaan BPJS Kesehatan di menu Peserta. Caranya, buka aplikasi Mobile JKN di ponsel Anda, login dengan NIK dan password, ketik kode captcha di kolom yang tersedia. Lalu, klik login, pilih menu Peserta. Nomor BPJS Kesehatan bisa dilihat di kartu digital yang muncul di aplikasi tersebut.

2. Melalu Chat Assistant JKN (CHIKA)

Cara mengecek BPJS Kesehatan berikutnya adalah melalui Chat Assistant JKN (CHIKA). Layanan ini dapat diakses melalui beberapa aplikasi media sosial, seperti Facebook Messenger di Facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400. Caranya, chat CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram dan WhatsApp, lalu pilih menu Cek Status Peserta, ketik nomor peserta/NIK, ketik tanggal lahir sesuai format yang diminta CHIKA. Kemudian, akan tampil informasi Status Keaktifan kepesertaan JKN-KIS.

3. Melalui Care Center 165

Cara cek aktif tidaknya BPJS Kesehatan lainnya adalah melalui Care Center 165. Nomor tersebut sudah bisa diakses masyarakat sejak September 2021 lalu. Peserta dapat menghubungi nomor 165 untuk cek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. Call center tersebut dapat dihubungi 24 jam.

4. Melalui BPJS SATU

Anda juga bisa cek BPJS Kesehatan melalui petugas BPJS SATU di rumah sakit yang menjadi rujukan. Biasanya, petugas tersebut akan menggunakan seragam rompi kuning bertuliskan BPJS SATU. Saat mengunjungi petugas BPJS SATU, Anda hanya perlu membawa foto KTP atau KK dan KIS. Petugas BPJS SATU berperan dalam Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit.

5. Melalui Mobile Customer Service (MCS)

Mobile Customer Service (MCS) merupakan layanan yang ditujukan untuk peserta JKN-KIS dengan menggunakan mobil. Untuk mengecek aktif tidaknya BPJS Kesehatan, Anda cukup mendatangi MCS dengan menunjukkan KTP, KK, atau KIS. Biasanya, MCS hadir di kantor pemerintahan, kecamatan/kelurahan, desa, puskesmas, pusat kota, alun-alun, mall, pasar tradisional, sekolah, kampus, serta Kementerian/instansi/lembaga pemerintah/badan usaha.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout