3+ Daftar Camilan untuk Diet Sehat

cemilan untuk diet

3+ Daftar Camilan untuk Diet Sehat

Anggapan bahwa diet tidak boleh ngemil adalah hanya sekadar mitos. Saat diet, Anda sebenarnya membutuhkan camilan, karena dibutuhkan asupan energi di antara waktu makan besar. Apa saja camilan untuk diet yang sehat?

Camilan saat diet tidak hanya memberikan energi, namun juga menjaga nafsu makan tidak berlebihan saat makan siang atau makan malam. Selain itu, camilan untuk diet akan memastikan metabolisme lemak tetap berjalan. Berikut daftar camilan untuk diet sehat.

Daftar Camilan untuk Diet Sehat 

Saat diet, makan camilan dapat mencegah perut terlalu lama kosong dan menjaga energi sehari-hari Anda. Sebaiknya, camilan yang dipilih jangan terlalu tinggi kalori, yaitu cukup 100-300 kalori saja atau setara dengan 1 porsi buah dengan 1 porsi kacang-kacangan atau 3-4 lembar biskuit/crackers. Pastikan juga camilan mengandung serat yang akan membantu melancarkan pencernaan dan bersifat mengenyangkan, sehingga mencegah Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak dan tinggi gula.

Namun, camilan sehat terkadang terasa membosankan, apalagi jika mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Untuk mencegah kebosanan dan mendapatkan bermacam-macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis makanan berikut sebagai camilan untuk diet sehat:

1. Whole grain

Whole grain atau biji-bijian utuh merupakan jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai camilan untuk diet. Whole grain belum mengalami proses penggilingan, sehingga seluruh bagian biji tersebut, mulai dari kulit, lembaga, hingga endospermanya, masih utuh dan bisa Anda makan. Seluruh bagian whole grain tersebut mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh, misalnya karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, antioksidan, zat besi, tembaga, selenium, potasium, dan magnesium.

Beberapa contoh whole grain, antara lain quinoa, oatmeal, nasi merah, buckwheat atau soba, serta jelai atau barley utuh. Jika Anda tidak menyukai rasanya yang hambar, sebaiknya campurkan whole grain dengan kacang-kacangan.

2. Buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan kandungan serat, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama tanpa memberikan kalori yang tinggi. Selain itu, kedua jenis makanan tersebut juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Oleh karena itu, mulai sekarang perbanyak konsumsi buah dan sayuran, seperti blueberry, stroberi, anggur, wortel, apel, dan sebagainya.

3. Kacang dan biji-bijian

Camilan untuk diet sehat selanjutnya adalah kacang dan biji-bijian. Kedua jenis makanan tersebut tinggi protein, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Kacang dan biji-bijian juga mengandung lemak tidak jenuh yang diperlukan tubuh. Meski demikian, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kacang dan biji-bijian terlalu banyak, karena kalorinya cukup tinggi. 

Kacang-kacangan untuk diet sehat, antara lain almond, kedelai, walnut, pecan, dan mete. Sedangkan, biji-bijian untuk diet, antara lain flax seed, chia seed, serta hemp seed. Sebaiknya pilih produk yang tidak ditambah garam.

4. Susu rendah lemak dan olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti yogurt, keju, merupakan sumber protein dan kalsium, serta vitamin dan mineral. Pilih produk susu rendah lemak sebagai camilan untuk diet dan usahakan untuk tidak mengonsumsi produk yang mengandung tambahan gula. Oleh karena itu, selalu cek kandungan gizi produk yang tertera pada label kemasannya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout