4 Vitamin yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari

4 Vitamin yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Vitamin yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari – Tubuh yang sehat membutuhkan nutrisi yang memadai. Nutrisi bisa berupa vitamin maupun mineral. Ini bisa didapatkan secara alami dari konsumsi makanan dan minuman bergizi, atau untuk lebih meyakinkan, dengan mengonsumsi suplemen tambahan lain.

Tentu saja, konsumsi makanan yang sehat merupakan opsi terbaik untuk memperoleh tubuh yang sehat. Tapi, tidak ada salahnya menambahkan konsumsi suplemen tertentu untuk membantu tubuh memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Di bawah ini, beberapa vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari, walaupun berbentuk suplemen tambahan.

Vitamin yang Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Vitamin bisa diperoleh oleh tubuh melalui konsumsi suplemen tambahan. Pelajari jenis vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari berikut ini.

1. Vitamin D

Vitamin D termasuk nutrisi yang wajib tersedia di dalam tubuh setiap waktu. Oleh karena itu, vitamin D juga merupakan vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari.

Setidaknya, baik anak-anak ataupun orang dewasa bisa mengonsumsi suplemen berupa vitamin D sekitar 10 mikrogram per harinya. Ibu yang sedang hamil dan menyusui juga diperbolehkan mengonsumsi vitamin D.

Kalau secara alami, vitamin D mudah didapatkan dari sinar matahari. Tapi, sinar matahari pagi hari yang baik untuk tubuh, dengan cara menjemurkan diri 10-15 menit saja di pagi hari.

Vitamin D sendiri memiliki manfaat mendukung kesehatan tubuh. Terutama dalam memelihara kesehatan otot, otak, hingga jantung.

2. Vitamin B12

Selanjutnya adalah vitamin B12, vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari. Apalagi, bagi ibu yang sedang hamil. Mengonsumsi suplemen tambahan yang mengandung vitamin B12 ini justru sangat dianjurkan.

Untuk tubuh orang dewasa normal, vitamin B12 memberikan banyak manfaat. Mulai dari mendorong produksi sel darah merah, hingga memelihara kualitas sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf.

Bagi ibu hamil, kebutuhan vitamin B12 sangat penting untuk dipenuhi. Vitamin B12 berfungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Kekurangan nutrisi ini akan menimbulkan berbagai masalah, seperti menyebabkan janin keguguran, lahir prematur, hingga meningkatkan risiko cacat lahir.

3. Vitamin A

Vitamin A juga termasuk vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari. Justru berbahaya jika tubuh mengalami kekurangan vitamin A.

Kekurangan asupan vitamin dapat menyebabkan tubuh mudah merasa lelah. Apalagi, jika kamu banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Soal manfaatnya, vitamin A adalah salah satu vitamin yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Tapi, secara keseluruhan, vitamin A akan mendukung kerja optimal sistem kekebalan tubuh bagi semua orang.

Di sisi lain, vitamin A dikenal mampu menyehatkan indera penglihatan. Kemudian juga memelihara kesehatan kulit. Termasuk dapat membantu mengatasi timbulnya jerawat di kulit wajah.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kerja yang optimal pada sistem kekebalan tubuh. Karena daya tahan tubuh perlu dijaga setiap hari, maka vitamin ini termasuk vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari.

Vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh melalui fungsinya sebagai antioksidan. Tapi, manfaatnya tidak sebatas itu. Vitamin ini juga merupakan nutrisi yang baik untuk kulit, gigi, tulang, dan otot. Di dalam tubuh, vitamin C juga diperlukan untuk proses penyembuhan luka dan pembentukan zat gizi.

Itulah empat vitamin yang aman dikonsumsi setiap hari. Aman karena manfaatnya tidak bisa digantikan dengan yang lain. Satu nutrisi dengan nutrisi lain itu saling melengkapi.

Tapi, untuk menjadi catatanmu, konsumsi vitamin berupa suplemen tidak bisa sembarangan, ya. Ada dosis yang tepat, biasanya tertera pada kemasan vitamin.

Jangan mengonsumsi vitamin melebihi dosis yang dianjurkan. Atau, tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan, misalnya satu tablet saja untuk sehari. Kalau kamu sedang hamil, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi vitamin tambahan, ya.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?