6 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Vitamin B6 untuk Ibu Hamil – Pada masa kehamilan, calon ibu harus dapat memenuhi semua kebutuhan gizi yang diperlukan janin. Salah satu contoh gizi yang penting untuk ibu hamil adalah vitamin B6. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B6, dipercaya dapat memperlancar kehamilan serta memberikan nutrisi pada janin. Namun sebelumnya, ketahui dulu apa itu vitamin B6. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Vitamin B6?

Vitamin B6 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B6 juga sering dikenal sebagai piridoksin dalam istilah ilmiah. Dengan adanya vitamin B6, asam amino dan metabolisme makronutrien dapat diproses lebih maksimal oleh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga dapat membantu tubuh untuk menghasilkan senyawa niacin atau vitamin B3 dari asam amino triptofan.

Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari vitamin B6. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil yang perlu kamu tahu.

1. Meredakan rasa mual

Saat ibu sedang mengandung, rata-rata selalu merasakan mual. Hal tersebut diakibatkan oleh morning sickness dan kondisi itu sangat umum terjadi pada ibu hamil. Nah, dengan adanya vitamin B6, dapat mengurangi rasa mual tersebut. Oleh sebab itu, tidak mengherankan kalau banyak ibu hamil yang tidak merasakan mual pada masa awal.

2. Turut membantu pembentukan sel darah merah

Kebutuhan sel darah merah pada ibu hamil sangat banyak. Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi sel darah merah adalah mengangkut nutrisi pada seluruh tubuh. Sedangkan ibu hamil tentunya membutuhkan banyak sekali sela darah merah untuk kebutuhan ibu dan janin itu sendiri. Salah satu cara untuk menambah sel darah merah adalah melalui vitamin B6. Biasanya, vitamin B6 bisa didapatkan melalui suplemen khusus vitamin B6 atau melalui sumber makanan.

3. Membantu perkembangan otak dan juga saraf pada janin

Vitamin B6 juga sering digunakan untuk membantu perkembangan jaringan otak pada janin. Oleh sebab itu, ketika bayi sudah lahir dengan keadaan cacat salah satunya adalah kekurangan vitamin B6. Cacat di sini bisa berarti cacat secara fisik maupun mental karena perkembangan otak yang lambat.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Menambah bobot bayi saat lahir

Ketika bayi akan lahir ke dunia, pastinya ibu ingin berat badannya sudah ideal. Nah, manfaat berikutnya dari vitamin B6 adalah dapat menambah berat badan bayi secara seimbang. Selain menimbulkan cacah lahir, kekurangan vitamin B6 juga membuat berat badan bayi tidak maksimal atau prematur. Bisa jadi bayi lahir kecil atau berat badannya sangat ringan.

5. Mencegah ibu hamil dari penyakit

Saat ibu sedang hamil, tidak sedikit kekhawatiran muncul seperti adanya serangan penyakit. Baik penyakit pada bayi maupun sang ibu itu sendiri membuatnya gelisah. Di sinilah kebutuhan vitamin B6 sangat dibutuhkan. Selain itu, vitamin B6 juga bisa digunakan sebagai pembentuk antibodi untuk penyakit. Memang tidak semua jenis penyakit bisa diatasi, namun vitamin B6 ini dapat menangkal adanya bakteri, virus, maupun jamur yang masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, pemberian suplemen dan sumber makanan vitamin B6 sangat diperlukan.

6. Mengubah lemak menjadi sumber energi

Ibu hamil terkadang malas bergerak. Padahal, saat tubuh jarang bergerak atau aktivitas, penumpukan lemak bisa terjadi sangat mudah. Di sinilah fungsi vitamin B6 dibutuhkan. Vitamin ini bisa mengubah tumpukan lemak di dalam tubuh menjadi sumber energi. Namun, tentunya agar khasiatnya lebih terasa, ibu hamil juga harus melakukan olahraga rutin secara ringan. Contohnya seperti senam dan yoga. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan pada ibu hamil.

Itulah sekilas mengenai beberapa manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat. Selain itu, jangan lupa juga rajin mengonsumsi zat besi agar ibu hamil terhindar dari anemia.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?