Waspadai, Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ini

Waspadai, Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ini

Virus Corona Menyebar Melalui – Adakah yang belum mengenal Covid-19 atau virus Corona? Kita semua seharusnya sudah tidak asing lagi, karena virus yang satu ini sudah mengubah cara hidup orang-orang yang tinggal di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Virus ini mulanya muncul di China. Hanya dalam waktu beberapa bulan, virus Corona mulai menyebar ke seluruh belahan dunia. Tapi sebenarnya, virus Corona menyebar melalui apa, ya? Sampai-sampai kamu rasanya sulit bersosialisasi langsung dengan orang lain.

Baca Juga: Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri? Ini Jawabannya.

Virus Corona Menyebar Melalui Apa?

Penularan virus Corona sangat mengkhawatirkan. Kalau mengikuti update pemerintah, jumlah kasus pasien positifnya selalu meningkat dari hari ke hari. Ada orang yang berhasil sembuh, ada pula yang tidak sanggup menghadapinya hingga nyawa pun melayang.

Wajib kamu tahu, virus Corona menyebar melalui cara-cara yang bervariasi. Informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dapat kita jadikan acuan. Ini adalah beberapa transmisi atau cara virus Corona dapat menyebar dari satu tempat ke tempat lain.

1. Melalui droplet

Kamu tahu apa itu droplet? Droplet adalah cairan atau cipratan liur seseorang yang keluar secara tidak sengaja dari hidung atau mulut. Bisa saat kamu bersin, batuk, atau cara paling tidak disadari yaitu ketika sedang berbicara.

Virus Corona menyebar melalui droplet seperti ini. Makanya, kamu sekarang diminta untuk selalu memakai masker di luar rumah. Karena pada proses-proses sederhana tersebut, droplet dapat melompat keluar dari hidung dan mulut, dengan membawa ancaman virus ini.

2. Melalui udara

Informasi berikutnya terasa lebih mengkhawatirkan dari droplet. Ternyata virus Corona menyebar melalui udara juga. Bagaimana ya, manusia kan bernapas menghirup udara?

Suka atau tidak, WHO mengakui cara penularan ini melalui laman resminya. Sama seperti droplet, pemakaian masker lah cara yang saat ini dinilai paling efektif menekan risiko penularan. Tapi, masker ini juga harus menutup hidungmu ya, tidak hanya bagian mulut.

3. Melalui permukaan barang yang terkontaminasi

Selain memakai masker, selama pandemi ini kamu juga diminta rajin mencuci tangan, memakai hand sanitizer, hingga rutin menyemprotkan disinfektan di lingkungan sekitarmu. Cara-cara ini disebut sebagai protokol kesehatan.

Bukan tanpa alasan, masalahnya virus Corona bisa menyebar melalui permukaan yang terkontaminasi virus. Memang sumber utamanya adalah droplet. Tapi, droplet ini kan bisa menyentuh permukaan barang melalui lompatan bersin atau tanganmu yang tak disadari menyimpan droplet itu.

Pada kasus ini, virus Corona bisa bertahan selama 2 sampai 3 hari di permukaan barang, lho. Karena itu, catat baik-baik, ya. Rajinlah membersihkan permukaan barang atau makanan serta tanganmu. Biasakan jangan menyentuh bagian wajah sebelum yakin kalau tanganmu sudah bersih.

4. Melalui limbah manusia

Sama dengan virus-virus lainnya, virus Corona menyebar melalui limbah manusia. Yang disebut limbah manusia adalah urin dan feses. Kedua hal ini sangat kotor, virus Corona juga bisa hidup di situ.

Orang yang terinfeksi virus Corona biasanya diminta untuk mengisolasi diri. Ini termasuk menggunakan kamar mandinya tersendiri atau menjaga kebersihan kamar mandi setelah menggunakannya. Salah satunya untuk memastikan limbah manusia terbuang seluruhnya.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Bundle-Damuvit-C-1000-D3-400-Tablet

Cara Menghindari Virus Corona

Ada lagi informasi dari WHO yang perlu kamu garis bawahi. Semua orang diminta membatasi jarak secara langsung karena ada alasan di baliknya. Jarak rekomendasi satu orang dengan orang lain sepanjang 2 meter, dianjurkan karena droplet bisa terlempar sampai sekitar 1 meter.

Rajin menjaga kebersihan tangan juga menjadi upaya penting mencegah virus Corona menular dari satu orang ke orang lainnya. Sebab penularan dapat terjadi selama virus masih aktif.

Dalam beberapa penelitian, virus Corona dapat bertahan hingga 3 hari atau lebih pada permukaan benda yang mengkilap, misalnya kaca dan stainless steel. Pada materi lain seperti kardus dan tisu dapat bertahan kurang-lebih 3 jam. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghindari virus Corona?

  • Disiplin menerapkan protokol kesehatan

Menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan. Jangan sepelekan tiga cara ini, ya. Sempurnakan juga kesehatanmu dengan makan, olahraga, dan istirahat secara teratur.

  • Hindari tempat berisiko

Sebisa mungkin hindari tempat-tempat berisiko tinggi menyebarkan virus Corona, yaitu tempat yang ramai, tempat yang sempit, dan ruangan tertutup. Tempat ramai dan sempit menyulitkan kamu menjaga jarak dengan orang lain. Ruangan tertutup membuat udara terkontaminasi lebih lama berputar di satu tempat.

Baca Juga: Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini.

Yang paling utama dari semuanya adalah makan makanan yang bergizi. Lengkapi juga kebutuhan nutrisi dengan suplemen tambahan jika diperlukan. Jangan sampai kamu kekurangan nutrisi tertentu sehingga membuat daya tahan tubuhmu menurun. Simak rekomendasi suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh kamu berikut ini!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun dan Daya Tahan Tubuh

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?