5 Penyakit Sistem Imun pada Anak yang Patut Diwaspadai

5 Penyakit Sistem Imun pada Anak yang Patut Diwaspadai

Penyakit Sistem Imun pada Anak – Mungkin kita sering mendengar kalau sistem imunitas memiliki beberapa manfaat. Akan tetapi, ketika sistem imun yang ada di dalam tubuh terlalu berlebihan, maka hal itu bisa memberikan penyakit yang serius.

Penyakit yang disebabkan oleh sistem imun menyerang berbagai jaringan tubuh sehat dinamakan penyakit autoimun. Umumnya, penyakit autoimun ditemukan pada anak-anak. Saat ada anak yang terkena penyakit sistem imun, maka harus segera ditangani secepatnya.

Penyebab Terjadinya Penyakit Sistem Imun

Sampai sekarang, masih diteliti apa yang menjadi penyebab terjadinya penyakit sistem imun. Meskipun begitu, para ahli menemukan adanya beberapa faktor terjadinya penyakit sistem imun sebagai berikut.

  • Faktor genetik

Hal pertama yang bisa jadi penyebab utama adalah faktor genetik. Adanya riwayat keturunan dari keluarga utama bisa memberikan risiko besar seorang anak akan mengalami penyakit sistem imun.

  • Pengaruh lingkungan

Kondisi anak yang terkena penyakit sistem imun bisa juga dipicu adanya faktor lingkungan. Contohnya saat anak tersebut terkena paparan radiasi, infeksi adanya virus, hingga obat-obatan.

  • Pengaruh hormon

Hormon di dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab berikutnya adanya penyakit sistem imun. Beberapa dugaan jenis hormon yang berpengaruh adalah hormon seks, kortisol, dan juga berbagai hormon yang berhubungan dengan imunitas tubuh.

Jenis Penyakit Sistem Imun pada Anak

Sebenarnya, ada cukup banyak jenis penyakit sistem imun yang menyerang anak-anak. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Psoriasis

Jenis penyakit sistem imun yang pertama adalah psoriasis. Penyakit ini membuat sistem imunitas menyerang sel-sel kulit yang sehat. Beberapa ahli menuturkan bahwa pemicu terjadinya penyakit ini dikarenakan infeksi pada kulit. Contohnya seperti luka, terbakar sinar matahari, dan juga merokok.

Ciri anak yang terkena psoriasis adalah selalu merasakan peradangan di bagian kulit. Lalu, pada kulit dan juga persendian terasa menebal dan bersisik. Bahkan, terkadang ada rasa gatal yang cukup parah.

2. Diabetes tipe 1

Penyakit berikutnya adalah diabetes tipe 1. Hal ini terjadi karena sistem imun pada anak-anak menyerang sel tubuh di bagian pankreas. Hal itu membuat tubuh tidak bisa membuat insulin secara teratur.

Gejala anak yang terkena diabetes tipe 1 adalah sering haus, cepat lapar, berat badan terus menurun, dan juga sering merasa lemas. Untuk mengatasi penyakit ini, maka penderitanya diharuskan terapi insulin seumur hidupnya.

3. Lupus

Nah, sebagian orang mungkin sudah sering mendengar penyakit lupus ini. Pada dasarnya, penyakit lupus bisa menyerang remaja laki-laki maupun perempuan. Seseorang yang terkena penyakit lupus bisa menyerang berbagai organ seperti kulit, sendi, mulut, sistem saraf, jantung, ginjal, hingga darah.

Beberapa gejala yang timbul antara lain terdapat ruam berwarna merah, sesak nafas, sariawan, kulit seperti terbakar, bahkan bisa menyebabkan gangguan otak. Perlu ada penanganan khusus untuk mengatasi penyakit ini.

4. Penyakit kawasaki

Penyakit yang satu ini bisa dikatakan cukup langka. Penyakit kawasaki sering menyerang anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun. Meskipun langka, anak yang terkena penyakit kawasaki termasuk berbahaya. Sebab, bisa menyebabkan komplikasi pada jantung.

Tanda anak yang terkena penyakit kawasaki antara lain demam dengan timbulnya ruam merah. Lalu, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, hingga adanya perubahan pada mukosa mulut, dan ekstremitas.

5. Celiac

Terakhir adalah Cceliac yang merupakan jenis penyakit intoleransi gluten. Saat anak terkena celiac yang mengonsumsi gluten, maka zat tersebut dapat menghancurkan dinding usus hingga timbul gangguan pada saluran cerna.

Beberapa gejala yang dialami anak terkena celiac adalah diare, penurunan berat badan, mual hingga muntah, perut terlihat kembung, dan tumbuh kembangnya yang sangat berkurang.

Demikian lima penyakit sistem imun pada anak yang berbahaya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Imun

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?