5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan

5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan

Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan – Di dalam pergelangan tangan, terdapat sendi sehingga kita bisa menggerakkan telapak tangan dengan bebas. Jika kita mengalami nyeri atau sakit di sekitar pergelangan tangan, tentunya aktivitas akan terganggu. Apalagi, tangan merupakan salah satu anggota badan yang paling banyak digerakan.

Gejala Nyeri Sendi di Pergelangan Tangan

Nyeri sendi di sekitar pergelangan tangan bisa terjadi karena beberapa hal. Biasanya, orang yang merasakan nyeri di pergelangan tangan bisa terjadi karena faktor berikut ini.

  • Sering mengalami pegal, kesemutan, bahkan mati rasa pada sekitar pergelangan tangan.
  • Jari tangan terlihat membengkak.
  • Jari tangan terasa kaku saat digerakan.
  • Terdapat tanda merah di sekitar pergelangan tangan ditambah dengan bengkak dan memar.
  • Muncul benjolan pada sekitar pergelangan tangan.
  • Jika disentuh pada pergelangan tangan akan terasa hangat.
  • Terkadang penderitanya juga terasa demam.

Jika kamu merasakan gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya periksakan ke dokter secepatnya. Sebab, jika didiamkan lebih lama dikhawatirkan bisa bertambah buruk.

Baca Juga: Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

Penyebab Nyeri Sendi di Pergelangan Tangan

Saat kamu sudah mengetahui gejalanya, kini ketahui juga apa saja penyebab nyeri sendi di pergelangan tangan. Silahkan ikuti penjelasannya di bawah ini.

  • Cedera

Penyebab paling umum adalah cedera di sekitar pergelangan tangan. Untuk cedera ini juga dibagi menjadi dua. Pertama adalah cedera karena benturan dan kedua karena tekanan berulang-ulang karena membawa beban berat.

  • Radang sendi atau arthritis

Penyebab selanjutnya adalah terkena radang sendi. Untuk kasus ini juga dibagi menjadi dua hal, yakni faktor osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Pada faktor osteoarthritis, radang sendi bisa terjadi karena tulang rawan yang melindungi kesehatan tulang mengalami kerusakan karena usia.

Sedangkan untuk faktor rheumatoid arthritis bisa terjadi karena suatu penyakit. Jenis penyakit tersebut disebabkan oleh autoimun yang menyerang jaringan tubuh itu sendiri. Kondisi tersebut sering terjadi pada pergelangan tangan.

  • Asam urat

Penyebab lainnya adalah penderita memiliki riwayat asam urat. Ketika seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi, maka hal tersebut dapat mempengaruhi persendian dalam tubuh. Sebab, kadar asam urat yang berlebihan bisa tertimbun dan menekan pada sendi.

Tertarik membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan sendi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan

Nyeri sendi pada pergelangan tangan sangat tergantung pada tingkat keparahannya. Untuk beberapa cara pengobatannya, kamu bisa ikuti berbagai tips berikut ini.

1. Istirahatkan tangan

Jika kamu sering mengangkat beban berat setiap waktu tanpa berhenti, cobalah istirahatkan sejenak. Dengan melakukan istirahat dalam jangka waktu tertentu, tubuh akan terasa rileks. Kalau memungkinkan, sebaiknya kamu tidak melakukan aktivitas berat hingga sakit di pergelangan tangan sembuh.

2. Kompres dengan es batu

Cara berikutnya adalah dinginkan pergelangan tangan yang sakit dengan kompres es batu. Bisa dikatakan, menempelkan es batu adalah cara paling umum untuk meredakan pembengkakan pada cedera tubuh. Hal ini juga berlaku untuk nyeri sendi pada pergelangan tangan.

3. Minum obat-obatan sesuai anjuran dokter

Jika kamu memeriksakan ke dokter, pastinya akan diberikan obat-obatan. Biasanya, jenis obat dari dokter lebih ke pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol. Pastikan minum obat sesuai dengan resepnya.

4. Menggunakan belat pada pergelangan tangan

Untuk mengurangi sakit pada pergelangan tangan, gunakanlah belat. Alat ini biasanya dijual bebas dengan berbagai ukuran dan bahan yang berbeda-beda. Silahkan kamu cari sesuai dengan keinginan.

5. Operasi

Hal terburuk jika nyeri sendi pada pergelangan belum sembuh adalah melakukan operasi. Biasanya, operasi benar-benar dilakukan jika rasa sakitnya disebabkan oleh ligamen robek, atau terdapat tulang yang retak.

Demikian beberapa cara mengatasi nyeri sendi dan pergelangan tangan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jaga terus kesehatan sendi kamu dengan rajin berolahraga dan rajin mengonsumsi suplemen atau vitamin sendi. Cek rekomendasi produknya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Sendi

 

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?