Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho!

Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho!

Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho! – Sayangnya, tidak banyak yang tahu akan hal ini. Seperti jenis jeruk pada umumnya, jeruk nipis memang dikenal karena rasanya yang asam dan segar. Tak heran, jeruk nipis kerap diolah menjadi minuman segar atau penambah rasa untuk kebutuhan makanan.

Sama seperti jenis jeruk lainnya, jeruk nipis juga mengandung berbagai kandungan dan vitamin yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah vitamin C. Tapi, tahukah kamu, selain vitamin C, buah bernama latin Citrus aurantifolia ini sebenarnya juga memiliki kandungan penting lainnya, lho.

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan kandungan penting lainnya, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Memang, kandungan yang terkenal dalam buah jeruk adalah vitamin C. Kandungan tersebut berasal dari asam sitrat yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Vitamin C dan Kandungan Lainnya dalam Jeruk Nipis

Lantas, apa saja manfaat vitamin C dan kandungan lainnya dalam jeruk nipis? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Sumber antioksidan bagi tubuh

Antioksidan berperan penting bagi tubuh dalam melawan radikal bebas. Antioksidan sendiri bisa berakibat buruk bagi kesehatan jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Radikal bebas yang berlebih juga bisa membuat tubuh terserang berbagai penyakit kronis dan berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

2. Meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis ternyata memiliki manfaat penting bagi imunitas tubuh. Hal itu dikarenakan, kandungan vitamin C dalam buah ini berperan dalam membantu meningkatkan produksi sel darah putih, di mana sel tersebut berperan untuk memproteksi tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk mempercepat regenerasi luka dengan cara mengurangi inflamasi dan menstimulasi produksi kolagen dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain vitamin E, vitamin C juga berperan penting bagi kesehatan kulit. Tak jarang, banyak wanita yang memanfaatkan jeruk nipis untuk meningkatkan kesehatan dan keelastisan kulit. Healthline sendiri pernah mengungkapkan, sebuah penelitian yang dilakukan dan melibatkan 4000 responden menyatakan jika wanita yang mengonsumsi vitamin C secara rutin memiliki risiko lebih kecil mengalami kerutan dan kulit kering.

Ingin membeli suplemen atau vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa merenggut nyawa penderitanya kapan saja. Ternyata, di balik bentuknya yang kecil, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin C yang tinggi bisa membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi merupakan faktor utama penyebab terjadinya penyakit jantung. Di sisi lain, vitamin C juga dapat berfungsi dalam mencegah aterosklerosis (penyakit yang disebabkan oleh plak pada arteri).

5. Mencegah timbulnya batu ginjal

Kandungan citric acid di dalam jeruk nipis juga memiliki peran penting dalam meningkatkan jumlah sitrat dalam tubuh. Sitrat sendiri berfungsi untuk mengikat mineral penyebab batu ginjal. Penelitian lainnya yang dilakukan Healthline juga menunjukkan jika responden yang rutin mengkonsumsi jeruk nipis memiliki risiko batu ginjal lebih rendah dibanding yang tidak.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai kandungan dan manfaat jeruk nipis. Siapa sangka, di balik ukurannya yang kecil jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan kandungan penting lainnya bagi tubuh.

 

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?