Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia – Sistem sendi pada tubuh manusia terbilang cukup banyak dan bervariasi. Tentunya dengan sendi tersebut, manusia dapat bergerak sesuai keinginannya. Dari sekian banyak sendi di dalam manusia, ada satu sendi yang cukup menarik untuk dibahas, yakni sendi pelana.

Apa yang membuat sendi pelana ini begitu menarik? Salah satunya yaitu karena posisinya yang cukup membingungkan. Ada yang mengatakan ada di bagian kaki, tetapi tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa sendi pelana ada di sekitar lengan. Sebelum membahas tentang posisi sendi pelana, sebaiknya kita cari tahu dulu apa itu sendi pelana sebagai berikut.

Apa Itu Sendi Pelana?

Sendi pelana adalah salah satu bagian dari jenis persendian manusia yang termasuk ke dalam diartrosis. Sendi pelana juga disebut sebagai sendi interseluler. Hal tersebut disebabkan pada setiap ujung sendi membentuk sadel yang membuat pertemuan antara pelana membuat huruf “X”. Dengan begitu, tulang dapat membuat gerakan rotasi namun tidak sampai ke segala arah.

Bentuk sendi pelana ini adalah permukaannya cekung dan juga cembung. Pada masing-masing sendi saling melengkung dan lainnya. Hal itulah yang membuat pergerakkan sendi pelana cukup terbatas.

Struktur di Dalam Sendi Pelana

Di dalam sendi pelana juga tersusun dari berbagai komponen. Beberapa penyusunan di dalam sendi pelana antara lain sebagai berikut.

  • Ligamen: Suatu jaringan pengikat yang berada di bagian luar tulang persendian. Adanya ligamen ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya dislokasi pada tulang.
  • Kapsul Sendi: Sebuah lapisan yang memiliki serabut. Fungsinya untuk melapisi sendi.
  • Cairan Sinovial: Sebuah cairan yang mirip dengan pelumas. Dengan begitu, tulang dapat digerakan tanpa memberikan rasa sakit karena tulang saling bergesekan.
  • Tulang Rawan Hialin: Sebuah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Fungsinya untuk menjaga sendi jika ada benturan.

Fungsi Sendi Pelana

Pada poin ini sebenarnya sudah disebutkan bahwa sendi pelana ini menghubungkan dua tulang atau bahkan lebih sehingga bisa melakukan rotasi. Hanya saja sendi pelana ini hanya dapat bergerak ke dua arah saja. Oleh sebab itu, sendi pelana memiliki gerakan cukup terbatas.

Tertarik membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan sendi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

Nah, sekarang kita akan cari tahu, sebenarnya dimana letak sendi pelana pada tubuh manusia? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ibu jari

Ibu-ibu jari pada tubuh manusia menggunakan jenis sendi pelana. Hal tersebut bisa kamu coba gerakan ibu jari, maka hanya bisa dilakukan dua arah saja. Bahkan, untuk berputar 360 derajat pun tidak bisa meskipun bisa melakukan rotasi pada porosnya. Sendi pelana tidak hanya terdapat di dalam ibu jari tangan saja, pada ibu jari kaki pun juga memiliki sendi pelana tersebut.

2. Telapak tangan

Bagian selanjutnya yang terdapat sendi pelana adalah telapak tangan. Sama halnya dengan poin ibu jari, telapak tangan kita hanya dapat digerakan dua arah saja. Bahkan, kita pun bisa memutarkan telapak tangan namun dalam kondisi yang terbatas.

3. Pergelangan tangan

Lokasi terakhir adalah pergelangan tangan. Ya, kita pun dapat menggerakan tangan pada dua arah saja. Bahkan, kita juga dapat memutarkan pergelangan tangan meskipun tidak sampai 360 derajat. Namun, kamu harus berhati-hati jika ingin memutarkan pergelangan tangan karena bisa menyebabkan cedera.

Itulah jawaban dari pertanyaan dimana letak sendi pelana pada tubuh manusia. Dari poin di atas, kita bisa melihat bahwa sendi pada manusia memiliki sistem yang kompleks. Selalu jaga persendianmu dengan makan makanan bergizi dan olahraga. Jaga terus kesehatan sendi kamu dengan rajin berolahraga dan rajin mengonsumsi suplemen atau vitamin sendi. Cek rekomendasi produknya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Sendi

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hi, ada yang bisa kami bantu?