Blog

Vitamin untuk Program Hamil

Ingin Rencanakan Kehamilan? Konsumsi 4 Vitamin untuk Program Hamil Ini

Salah satu cara untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah dengan mengonsumsi beragam nutrisi untuk kesuburan. Ada 4 vitamin untuk program hamil yang perlu Anda konsumsi untuk membantu mempercepat kehamilan.

Agar hasilnya bisa lebih efektif, Anda juga perlu mengetahui kadar nutrisi yang tepat sebelum mengonsumsinya. Berikut 4 vitamin kesuburan yang dapat meningkatkan peluang kehamilan Anda secara alami:

1. Vitamin B

Ada dua jenis vitamin B yang dapat meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan, yaitu vitamin B6 dan vitamin B9. Berikut penjelasannya.

Vitamin B6

Penelitian dalam Nutrition Journal menyatakan bahwa homosistein merupakan asam amino yang terdapat pada aliran darah. Jika kadar homosistein dalam folikel meningkat, maka dapat memengaruhi masa subur. Dengan mengonsumsi vitamin B6 sebagai salah satu vitamin untuk program hamil, dapat membantu menurunkan kadar homosistein di dalam darah.

Vitamin B9

Asupan asam folat yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan fase luteal menjadi tidak normal. Fase luteal merupakan rentang waktu dari ovulasi menuju awal menstruasi. Jika fase luteal lebih pendek dari 10 hari, hal ini disebut sebagai cacat fase luteal yang menyebabkan proses ovulasi terganggu, sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Untuk mencegahnya, konsumsi sayuran yang mengandung vitamin B9, seperti brokoli, asparagus, buncis, dan sayuran hijau gelap.

2. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin untuk program hamil yang baik. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam vitamin C memiliki beberapa manfaat, seperti membantu menangkal radikal bebas, meningkatkan kesuburan, dan membantu menstabilkan kadar hormon dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan melawan infeksi yang dapat mengganggu proses ovulasi. Sumber vitamin C, antara lain jeruk, mangga, stroberi, tomat, kentang, dan kacang polong.

3. Vitamin D

Tidak hanya dikenal untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin E juga termasuk salah satu vitamin untuk program hamil. Salah satu penyebab sulit hamil pada sebagian besar perempuan adalah endometriosis. Memenuhi asupan vitamin D harian dapat menurunkan risiko endometriosis dan masalah ovulasi lainnya. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat dalam perkembangan folikel, yaitu kantung dalam ovarium yang berisi sel telur yang belum matang. Jika perempuan mencukupi kebutuhan vitamin D, maka folikel akan lebih mudah melepaskan sel telur yang siap dibuahi. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D secara alami dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa memenuhi asupan vitamin D melalui berbagai jenis makanan, seperti susu, salmon, tuna, minyak ikan cod, sereal, dan hati sapi.

4. Vitamin E

Vitamin untuk program hamil lainnya yang perlu Anda konsumsi adalah vitamin E. Ketebalan dinding rahim yang ideal merupakan hal yang penting bagi pembuahan dan kehamilan. Dengan memenuhi asupan vitamin E harian, maka dapat membantu menebalkan dinding rahim yang tipis. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk mengatasi sindrom ovarium polikistik, yaitu kondisi yang dapat membuat perempuan mengalami ketidakseimbangan hormon dan memperlambat proses metabolisme. Selain berbentuk suplemen, asupan vitamin E juga bisa dipenuhi melalui beberapa jenis makanan, seperti alpukat, sayuran hijau, ubi jalar, biji-bijian, kacang almond, serta kacang tanah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout