Blog

vitamin ibu hamil yang bagus

Vitamin Ibu Hamil yang Bagus untuk Perkembangan Janin

Selama kehamilan, ibu perlu memperhatikan kebutuhan vitamin. Vitamin ibu hamil dirancang khusus untuk memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan janin. Vitamin tersebut harus mengandung asam folat, kalsium, vitamin D, dan zat besi. Apa saja suplemen dan vitamin ibu hamil yang bagus?

Vitamin ibu hamil bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin agar lebih optimal. Ada beberapa nutrisi penting yang perlu dipenuhi selama kehamilan. Berikut vitamin ibu hamil yang bagus.

Vitamin Ibu Hamil yang Bagus

Berikut empat nutrisi penting yang wajib dipenuhi asupannya selama kehamilan. 

1. Kalsium

Kalsium juga merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Seperti halnya vitamin D, kalsium juga berfungsi untuk menunjang kesehatan gigi dan tulang dałam kandungan. Selain itu, kalsium juga dapat membantu janin untuk tumbuh dan membentuk tulangnya, sehingga bisa tumbuh secara optimal.

2. Zat besi

Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan hemoglobin untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia bisa memicu berbagai masalah pada janin, seperti kelahiran prematur, serta peningkatan volume plasma yang mengakibatkan kontraksi pada rahim. Zat besi juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Asupan zat besi harian ibu hamil yang disarankan adalah 27 mg per hari.

3. Asam folat

Asam folat dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada sistem saraf bayi. Selain itu, asam folat juga berperan dalam pembentukan sel otak bayi, mencegah keguguran, mencegah anemia, dan menurunkan risiko terjadinya preeklampsia.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin ibu hamil penting lainnya. Vitamin D berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta menunjang pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Kekurangan vitamin D pada ibu hamil bisa berdampak pada tulang bayi, sehingga tidak tumbuh secara maksimal.

Vitamin Ibu Hamil yang Direkomendasikan

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil membutuhkan vitamin yang mengandung beberapa nutrisi penting, seperti zat besi, asam folat, kalsium, vitamin D, vitamin B, vitamin C, dan asam lemak omega-3. Vitamin tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung perkembangan janin secara optimal. Berikut 3 vitamin ibu hamil yang direkomendasikan, karena mengandung vitamin dan mineral sesuai rekomendasi dari ACOG:

  1. Ferospat

Rp75.100,00

Ferospat adalah suplemen penambah darah yang mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan defisiensi zat besi penyebab anemia. Suplemen ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta dikemas dalam bentuk tablet effervescent. Ferospat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi, vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan mineral lainnya pada ibu hamil, ibu menyusui, serta perempuan lansia.

2. Sangovitin

    Rp75.200,00

Suplemen ini diformulasikan untuk pasien yang menderita kekurangan zat besi, ibu hamil, serta penderita anemia. Sangovitin bisa digunakan untuk pengobatan anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi dan mineral lain yang berkontribusi dalam pembentukan darah.

3. Nation

    Rp151.000,00

Natabion adalah suplemen vitamin dan mineral untuk ibu hamil dan menyusui. Dengan kandungan asam folat, vitamin B12, kalsium karbonat, vitamin D3, serta vitamin C, suplemen ini juga bisa digunakan oleh orang dengan kondisi anemia yang disebabkan kekurangan zat besi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout