Blog

vitamin ibu hamil yang bagus

Vitamin Ibu Hamil yang Bagus untuk Janin yang Sehat

Vitamin dibutuhkan selama kehamilan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin, serta mencegah risiko gangguan dan komplikasi kehamilan. Ada 6 jenis vitamin ibu hamil yang bagus untuk dikonsumsi selama kehamilan, yaitu asam folat, vitamin B1, vitamin D, vitamin B3, zat besi, dan kalsium.

Dengan mengetahui vitamin apa saja yang perlu dipenuhi asupannya selama kehamilan, maka ibu hamil dapat menyusun menu diet harian yang tepat. Lalu, vitamin apa saja yang bagus untuk ibu hamil, dan makanan apa saja yang perlu dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

1. Asam Folat

Vitamin yang satu ini diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Risiko cacat tabung saraf biasanya mulai berkembang saat kehamilan berusia 28 hari. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 hingga 800 mikrogram setiap hari, hingga trimester pertama. Meski susu khusus ibu hamil sudah mengandung asam folat, namun ibu hamil juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti sayuran hijau, gandum utuh, kacang-kacangan, jeruk, serta sereal.

2. Vitamin B1 (Tiamin)

Ibu hamil juga perlu memenuhi asupan vitamin B1 atau tiamin. Vitamin ini berfungsi untuk membantu meningkatkan kecerdasan bayi, karena tiamin berperan penting dalam membentuk otak janin. Ibu hamil perlu memenuhi asupan vitamin B1 sebanyak 1,4 miligram setiap hari. Beberapa sumber alami vitamin B1, antara lain beras merah dan gandum utuh.

Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan vitamin D bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Jika ibu hamil kekurangan vitamin D, maka dapat berisiko pertumbuhan tulang janin yang tidak maksimal. Untuk mendapatkan manfaat vitamin D, ibu hamil dapat mengonsumsi sumber vitamin D alami, seperti salmon dan sarden, telur, serta daging. Selain itu, manfaat vitamin D lainnya juga bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi.

4. Vitamin B3 (Niasin)

Selama kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami gangguan pencernaan, seperti kembung, sembelit, atau diare. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil perlu memenuhi asupan vitamin B3 atau niasin sebanyak 18 miligram setiap hari. Vitamin B3 bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi pencernaan, serta membantu proses metabolisme tubuh. Beberapa sumber vitamin B3, antara lain ikan tuna atau roti gandum.

5. Kalsium 

Vitamin ibu hamil yang bagus selanjutnya adalah kalsium. Ibu hamil perlu memenuhi asupan kalsium sebanyak 1.000 miligram setiap hari. Seperti halnya vitamin D, kalsium juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi janin dalam kandungan, sehingga pertumbuhannya menjadi lebih optimal. Beberapa sumber kalsium yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, antara lain sayuran hijau, susu, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan yogurt.

6. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membantu membentuk sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk mendistribusikan oksigen yang mengalir ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memenuhi asupan zat besi agar terhindar dari anemia yang berakibat pada kondisi fisik yang mudah lelah, lemah, pusing, dan pucat. Selain itu, zat besi juga berfungsi untuk menunjang pertumbuhan janin. Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat berisiko bayi terkena anemia saat dilahirkan, lahir prematur, serta berat badan rendah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout