Blog

Vitamin Ibu Hamil Trimester 3

Vitamin Ibu Hamil Trimester 3, Penting Menjelang Persalinan

Trimester 3 kehamilan adalah akhir dari masa kehamilan dan dimulai dari usia kehamilan 28 hingga 42 minggu. Pada masa ini terjadi berbagai perubahan pada tubuh ibu dan janin. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan vitamin ibu hamil trimester 3 yang cukup.

Pada trimester 3 kehamilan, janin semakin besar dan ibu hamil semakin berat, karena beban janin yang bertambah. Asupan nutrisi yang cukup diperlukan agar kesehatan ibu dan janin terjaga. Berikut beberapa jenis vitamin ibu hamil trimester 3 yang perlu dikonsumsi.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Vitamin Ibu Hamil Trimester 3

Ada beberapa jenis vitamin ibu hamil trimester 3 yang perlu dipenuhi asupannya. Berikut di antaranya:

1. Vitamin D

Pada trimester 3, vitamin D dibutuhkan ibu hamil untuk membantu mengatur kadar kalsium dan fosfat dalam tubuh, serta membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan vitamin D setiap hari. Berikut beberapa sumber alami vitamin D yang dianjurkan:

  • Telur
  • Ikan salmon
  • Susu
  • Sereal gandum

2. Vitamin C

Vitamin ibu hamil trimester 3 yang penting lainnya adalah vitamin C. Manfaat vitamin C untuk ibu hamil, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan janin, serta melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ibu hamil bahkan perlu meningkatkan asupan vitamin C sebanyak 25 persen di trimester 3. Berikut beberapa sumber alami vitamin C yang dianjurkan:

  • Brokoli
  • Jeruk
  • Berry, seperti blueberry dan stroberi
  • Kol
  • Tomat

3. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk mendukung perkembangan penglihatan janin dan meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memperbanyak mengonsumsi nutrisi ini di trimester 3. Beberapa sumber alami vitamin A, yaitu:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Mangga
  • Ubi

4. Zat besi

Saat kehamilan, produksi darah mengalami peningkatan, karena akan digunakan untuk menyuplai oksigen dan nutrisi untuk janin. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan zat besi untuk membantu membentuk sel darah merah di dalam tubuh. Sel darah merah berfungsi untuk mendistribusikan oksigen yang mengalir ke seluruh bagian tubuh. Ibu hamil perlu memenuhi asupan zat besi agar terhindar dari anemia, yang menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti lahir prematur, bayi dengan berat badan rendah, dan depresi pasca melahirkan. Beberapa sumber alami zat besi, antara lain brokoli, bayam, daging merah, kacang-kacangan, ayam, ikan, dan kuning telur. Kombinasikan zat besi dengan makanan yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

5. Kalsium

Pada trimester 3, pertumbuhan tulang bayi berlangsung pesat, sehingga ibu hamil perlu memenuhi asupan kalsium setiap hari, yaitu sebanyak 1.000 miligram per hari. Seperti halnya vitamin D, kalsium juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi janin dalam kandungan, sehingga pertumbuhannya menjadi lebih optimal. Beberapa sumber kalsium yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, antara lain sayuran hijau, susu, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan yogurt.

Agar kebutuhan nutrisi terpenuhi selama kehamilan, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kebutuhan vitamin setiap ibu hamil berbeda-beda. Selain itu, jika ibu hamil merasa kekurangan asupan vitamin, biasanya dokter akan memberikan jumlah asupan yang tepat dan memastikan ibu hamil tidak kelebihan dosis vitamin tertentu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout