Blog

vitamin c untuk ibu hamil

Vitamin C Untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Dosis yang Tepat

Vitamin C dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatannya sendiri dan janinnya. Namun, asupan vitamin C untuk ibu hamil harus sesuai dengan angka kecukupan gizi agar manfaatnya optimal dan dapat terhindar dari masalah kesehatan selama kehamilan.

Untuk memenuhi asupan vitamin C, ibu hamil bisa mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C. Apa saja manfaat vitamin untuk ibu hamil dan dosis yang tepat, serta suplemen vitamin C apa yang baik untuk ibu hamil. Simak penjelasan berikut:

Manfaat Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Pada ibu hamil, vitamin C berperan penting dalam mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, vitamin C untuk ibu hamil juga berfungsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuhnya, membantu penyerapan zat besi, mengurangi risiko preeklampsia, menurunkan risiko diabetes gestasional, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Dosis Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil

Sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan, ibu hamil membutuhkan vitamin C sebanyak 85 miligram per harinya. Sumber alami vitamin C yang bisa dikonsumsi ibu hamil, antara lain buah-buahan, seperti kiwi, jeruk, jambu biji, stroberi, mangga, tomat, atau sayuran, seperti brokoli, bayam, kembang kol, dan paprika. Namun, untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara optimal, pastikan ibu hamil tidak mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi vitamin C berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, batu ginjal, dan kram perut. Jika asupan vitamin C dari sumber alami tidak cukup, ibu hamil dapat melengkapinya dengan suplemen vitamin C. Agar sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan tidak menimbulkan efek samping, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu

Vitamin C untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahu manfaat dan dosis vitamin C yang tepat untuk ibu hamil, berikut beberapa suplemen vitamin C yang direkomendasikan untuk ibu hamil:

1. Ferospat

Rp64.800,00

Suplemen ini mengandung zat besi dan vitamin C yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Selain itu, juga mengandung asam folat dan vitamin B12, yang penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Dikemas dalam bentuk tablet effervescent, Ferospat juga bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui dan perempuan lanjut usia.

2. For Mom

Rp289.200,00

Diperkaya dengan kandungan vitamin C, asam folat, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin D, suplemen multivitamin dan mineral ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

3. Damuvit C-1000

Rp100.000,00

Untuk menjaga daya tahan tubuh selama kehamilan, ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen ini. Dengan kandungan vitamin C 1000 mg, dapat menjaga sistem imun dan membantu memelihara daya tahan tubuh.

4. Pyfahealth Vitamin C-1000

Rp60.000,00

Pyfahealth Vitamin C-1000 juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi ibu hamil untuk menjaga imun tubuh. Hal ini dikarenakan Pyfahealth Vitamin C-1000 mengandung vitamin C 1000 mg yang bermanfaat untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout