Blog

Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Dosis yang Disarankan

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang penting dikonsumsi selama masa kehamilan. Manfaat vitamin C untuk ibu hamil, antara lain menjaga kesehatannya sendiri dan perkembangan janin. Agar manfaatnya optimal, ibu hamil perlu mengonsumsi vitamin C sesuai angka kecukupan gizi.

Sebagai vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, manfaat vitamin C bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ibu hamil jika memenuhi asupan vitamin C harian:

Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Bagi ibu hamil, vitamin C berfungsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuh, serta membentuk kolagen di dalam kulit, tulang, otot, dan pembuluh darah. Selain itu, ada banyak manfaat vitamin C lainnya, yaitu:

1. Membantu penyerapan zat besi

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membantu membentuk sel darah merah dan mencegah anemia, sehingga penting untuk ibu hamil. Memenuhi asupan vitamin C setiap hari dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi asupan zat besi, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan zat besi.

2. Menurunkan risiko preeklampsia

Preeklampsia merupakan kondisi yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar protein di dalam urine serta pembengkakan di kaki atau bagian tubuh lainnya. Kondisi ini biasanya terjadi saat kehamilan berusia 20 minggu, namun ada juga ibu hamil yang mengalaminya saat trimester akhir kehamilan. Untuk mencegahnya, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan makanan yang kaya akan vitamin C dan vitamin E.

3. Mendukung pertumbuhan bayi

Manfaat vitamin C tidak hanya untuk ibu hamil, namun juga janin. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan tumbuh kembang janin dan menjaga kondisi janin agar tetap sehat.

4. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional merupakan kondisi saat kadar gula darah ibu hamil meningkat. Hal ini dapat memicu risiko ibu hamil terkena beberapa komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, persalinan prematur, serta bayi lahir dengan berat badan berlebih. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin C setiap hari.

Asupan Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Dianjurkan

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah asupan vitamin C yang perlu dipenuhi ibu hamil adalah 85 miligram setiap harinya. Agar asupan vitamin C terpenuhi, ibu hamil dapat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, kiwi, jambu biji, mangga, stroberi, sawo, tomat, brokoli, kembang kol, paprika, serta bayam.

Meski memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil, namun pastikan vitamin C tidak dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan konsumsi vitamin C berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, batu ginjal, hingga kram perut.

Jika asupan vitamin C belum mencukupi, maka ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan tidak menimbulkan efek samping.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout