Blog

tips diet saat puasa

Tips Diet Saat Puasa agar Efektif Turunkan Berat Badan

Saat berpuasa, banyak orang yang kurang memperhatikan asupan makanan. Hal ini menyebabkan kenaikan berat badan menjadi hal yang sulit dihindari. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan tips diet saat puasa untuk menurunkan berat badan.

Kenaikan berat badan selama berpuasa pada umumnya disebabkan oleh cara yang salah dalam melakukan diet. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah pola diet menjadi pola makan sehat. Untuk memudahkan diet saat puasa, berikut tips diet saat puasa yang bisa Anda lakukan:

1. Memperbanyak konsumsi serat dan protein

Prinsip diet sehat adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat dan protein dibandingkan makanan berkalori tinggi. Hal ini dikarenakan makanan berserat tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama, sehingga Anda tidak cepat lapar dan bisa tahan berpuasa sepanjang hari. Selain itu, makanan yang tinggi serat dan protein juga bisa membantu menekan nafsu makan, sehingga saat berbuka puasa, Anda tidak makan secara berlebihan.

2. Batasi makanan dan minuman manis

Meski sedang diet, Anda tetap membutuhkan asupan gula saat berbuka untuk mengembalikan energi. Hal ini dikarenakan berpuasa selama 13 jam dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga Anda perlu mengembalikannya dengan makan makanan atau minuman manis. Namun, batasi asupan gula yang Anda konsumsi. Terlalu banyak makan makanan atau minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh yang berisiko menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaiknya, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks untuk menambah energi saat berbuka, seperti sayur, buah, dan nasi merah.

3. Hindari makan berlebihan

Tips diet saat puasa berikutnya adalah tidak makan berlebihan. Meski tidak makan dan minum seharian, bukan berarti Anda boleh makan berlebihan saat berbuka. Hal ini dikarenakan makan berlebihan bisa meningkatkan gula secara drastis, padahal tubuh tidak memproduksi banyak insulin saat berpuasa. Kelebihan gula akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh. Saat sahur atau berbuka, sebaiknya konsumsi makanan yang bisa membuat Anda cepat kenyang, seperti sup.

4. Hindari makan gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa. Hal ini dikarenakan mengonsumsi gorengan yang kaya akan lemak jahat (lemak jenuh) dapat membuat Anda mengalami kenaikan berat badan. Agar asupan nutrisi terjaga saat puasa, gantilah lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh yang lebih aman untuk kesehatan, karena tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk memenuhi asupan lemak tidak jenuh, Anda bisa mengonsumsi alpukat, ikan, dan kacang-kacangan.

5. Minum air putih yang cukup

Penuhi asupan cairan Anda selama berpuasa dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Anda bisa menerapkan pola minum air, yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dua gelas setelah salat Tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Menurut penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen. Hal ini sangat baik untuk menurunkan berat badan, karena semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang bisa dibakar oleh tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout