Blog

manfaat pisang

Sumber Energi untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Pisang

Pisang merupakan buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena pisang adalah buah yang tumbuh subur di negara-negara tropis seperti Indonesia. Di balik rasanya yang manis, manfaat pisang juga penting untuk kesehatan tubuh.

Pisang mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Antara lain, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, mangan, kalium, dan magnesium. Dengan beragam kandungan nutrisi tersebut, pisang memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut 5 di antaranya.

Sumber Energi Tubuh

Sebagai sumber karbohidrat yang baik, mengonsumsi pisang secara rutin dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Dalam sebuah pisang, terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Saat mengonsumsi pisang, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Selain itu, karbohidrat juga bisa diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di hati dan otot untuk digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Rutin mengonsumsi pisang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dalam pisang berfungsi membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kestabilan detak jantung. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke.

Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal

Kandungan kalium dalam pisang memiliki banyak manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mencegah penyakit batu ginjal. Fakta ini dibuktikan melalui penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang selalu mencukupi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. 

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Sebagai sumber probiotik, pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa probiotik efektif dalam mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, ataupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik. Selain itu, sebagai sumber serat, pisang juga bermanfaat untuk mencegah sembelit dan kanker usus besar.

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalankan program diet, memasukkan pisang dalam menu diet sehat Anda adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan pisang merupakan sumber serat yang baik. Kandungan serat dalam pisang mampu memberikan efek kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan, sehingga membuat Anda tidak makan secara berlebihan.

Cara Efektif Mengonsumsi Pisang

Agar kandungan nutrisinya optimal, sebaiknya konsumsi pisang yang sudah matang atau olah pisang menjadi beragam jenis makanan atau camilan yang rendah kalori. Namun, hindari konsumsi pisang yang diolah dengan cara digoreng, seperti pisang moleh atau pisang goreng. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dalam pisang bisa hilang jika digoreng dan bahkan bisa meningkatkan kadar lemak jenuh yang memicu berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan manfaat pisang dengan optimal, Anda bisa mengolahnya dengan cara berikut: 

  1. Olah menjadi jus atau smoothie dan tambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.
  2. Jika ingin dicampur dengan oatmeal atau sereal, tambahkan kacang almond atau buah-buahan lainnya.
  3. Jadikan pisang sebagai pengganti selai pada roti.
  4. Pisang yang dihaluskan dapat dicampur ke adonan untuk membuat kue bolu.

Agar manfaat pisang bisa optimal, imbangi juga dengan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Jika masih ada pertanyaan seputar kandungan dan manfaat pisang, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout