Blog

Manfaat Jahe Merah

Sumber Antioksidan Alami, Ini 6 Manfaat Jahe Merah

Jahe merah atau yang disebut Zingiber officibale varietas rubrum digunakan sejak lama sebagai pengobatan tradisional. Dibandingkan jenis jahe lainnya, jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas, berukuran lebih kecil, dan memiliki warna merah karena kandungan antosianin pada kulitnya. Manfaat jahe merah banyak dihasilkan dari kandungan nutrisinya yang lengkap.

Seperti jenis jahe lainnya, jahe merah memiliki beragam kandungan, seperti air, serat, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin C, lemak, fosfor, zat besi, dan kalsium. Selain itu, jahe merah mengandung senyawa penting untuk kesehatan, seperti zingerol, capsaicin, cineole, linolenic acid, dan lainnya. Dengan kandungan yang tinggi nutrisi tersebut, jahe merah memiliki beberapa manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan berikut.

Mengatasi Batuk

Manfaat jahe merah yang satu ini telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Jahe merah merupakan obat tradisional yang digunakan secara turun temurun untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya jahe merah dikonsumsi dalam bentuk teh. Khasiat dari jahe merah tersebut dihasilkan dari sifat jahe merah yang hangat untuk membantu menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan.

Mengatasi Sakit Kepala

Khasiat yang satu ini juga banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, terlebih jika Anda sering mengalami sakit kepala. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat jahe merah untuk mengatasi sakit kepala adalah Anda cukup memotong jahe merah secara tipis, kemudian seduh potongan jahe merah dengan air panas. Agar hasilnya lebih optimal, konsumsi air seduhan tersebut selagi masih hangat dan lakukan secara rutin.

Mengatasi Rematik

Kandungan dalam jahe merah bermanfaat untuk mengatasi penyakit rematik dan asam urat. Cara kerja jahe merah adalah dengan mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebus rimpang jahe merah, kemudian campurkan dengan temu lawak, kumis kucing, cabai jawa, dan daun komfrey, diamkan hingga mendidih. Setelah itu, minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya lebih efektif.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat jahe merah lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan dalam jahe merah efektif untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat tersebut akan menghambat aliran darah. Dengan memanfaatkan jahe merah, maka peredaran akan lancar, sehingga secara tidak langsung akan menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengatasi Peradangan

Salah satu obat alami yang banyak digunakan untuk mengatasi peradangan adalah jahe merah. Hal ini dikarenakan rimpang jahe merah mengandung senyawa fenol, yaitu gingerol dan shogaol. Gingerol diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan terbesar yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi jahe merah secara tradisional atau pengobatan modern.

Sumber Antioksidan Alami

Jahe merah termasuk sumber antioksidan alami yang memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas yang berbahaya. Paparan radikal bebas yang terlalu sering dapat memicu berbagai penyakit dan masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke), rheumatoid arthritis, kanker, penuaan dini, katarak, serta rambut rontok.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout