Blog

posisi tidur yang benar

Posisi Tidur yang Benar untuk Tubuh Sehat

Setelah beraktivitas seharian, Anda membutuhkan tidur yang cukup untuk kembali beraktivitas dengan maksimal. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan posisi tidur yang benar agar bisa tidur dengan nyenyak.

Posisi tidur adalah salah satu fakor yang bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang. Ada beberapa posisi tidur yang dianjurkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa posisi tidur yang benar untuk kesehatan.

Posisi Tidur yang Benar untuk Tubuh Sehat

Posisi tidur yang Anda anggap nyaman mungkin saja tidak membuat tubuh lebih baik saat bangun di pagi hari. Anda mungkin saja mengalami sakit leher atau punggung karena posisi tidur yang tidak benar, atau bahkan terjadi masalah kesehatan lainnya.

Bahkan, seseorang yang tidak menerapkan posisi tidur yang benar bisa mengalami masalah terhadap saluran udara ke paru-paru. Hal ini kemudian dapat menyebabkan beberapa masalah tidur, salah satunya sleep apnea. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa posisi tidur yang benar untuk menjaga kesehatan tubuh berikut:

1. Menyamping

Posisi ini cukup direkomendasikan untuk diterapkan setiap malam, terutama miring ke kiri. Hal ini dikarenakan posisi tidur ini dapat mengurangi dengkuran yang timbul, baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Tidur menyamping juga dianjurkan untuk penderita penyakit asam lambung dan sleep apnea, serta ibu yang baru melahirkan. Namun, posisi tidur ini juga memiliki kekurangan, yaitu memicu kerutan pada wajah, membuat payudara kendur pada wanita, dan membatasi pernapasan melalui diafragma.

2. Telentang

Posisi tidur yang benar untuk kesehatan lainnya adalah telentang. Posisi ini memungkinkan kepala, leher, dan tulang belakang dalam posisi sejajar. Dengan demikian, tidak ada tekanan ekstra pada tubuh dan tidak menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Selain itu, telentang juga diketahui dapat melindungi tulang belakang dan membantu meredakan nyeri pinggul serta lutut. 

Posisi tidur telentang juga bisa mencegah penyakit asam lambung, namun pastikan bantal yang digunakan dapat menyangga kepala dengan baik. Meski demikian, tidur telentang tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur dan penderita sleep apnea.

3. Tengkurap

Tidak banyak yang memilih posisi tidur ini, karena bisa menambah tekanan pada sendi, otot leher, dan saraf. Posisi leher yang hanya menghadap ke satu sisi selama berjam-jam dapat menyebabkan nyeri, kebas, atau kesemutan. Meski demikian, tengkurap bisa menjadi posisi tidur yang baik jika Anda memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur atau tidak sedang menderita nyeri leher atau punggung. 

Namun, jika Anda ingin mencoba posisi ini, dianjurkan menaruh bantal untuk menyangga dahi dan memposisikan wajah atau kepala menghadap ke bawah, bukan kiri atau kanan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa bernapas dengan baik.

Itulah beberapa posisi tidur yang benar untuk diterapkan setiap malam. Anda sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan kondisi kesehatan yang sedang dialami. Dengan posisi tidur yang benar, tidur menjadi lebih berkualitas dan tubuh lebih sehat. Jika Anda sulit tidur, atau bahkan mengalami gangguan tidur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout