Blog

perkembangan bayi 5 bulan

Perkembangan Bayi 5 Bulan: Sudah Bisa Duduk Hingga Mengenali Suara

Setiap orang tua tentunya mengharapkan bayinya berkembang secara sempurna. Salah satu tahap perkembangan yang menonjol adalah saat bayi berusia 5 bulan. Perkembangan bayi 5 bulan mencakup banyak pertumbuhan penting yang membuatnya sangat aktif.

Sebagai orang tua, Anda tentunya perlu mengenali tanda-tanda yang dialami oleh bayi saat berusia 5 bulan. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan secara lancar dan optimal. Apa saja perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Anda ketahui? Berikut beberapa di antaranya.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perkembangan bayi pada usia 5 bulan adalah salah satu tahap yang paling penting di dalam kehidupannya. Pada tahap ini, bayi akan berusaha untuk mengucapkan kata pertamanya. Selain itu, bayi akan mulai belajar untuk merangkak, sehingga diperlukan ruang yang cukup untuk ia belajar. Apa saja beberapa perkembangan yang terlihat jelas pada bayi berusia 5 bulan? Berikut penjelasannya:

1. Kemampuan motorik

Kemampuan motorik yang meningkat merupakan salah satu perkembangan bayi 5 bulan yang sangat terlihat jelas. Pada tahap ini, bayi dapat duduk tegak dalam waktu yang cukup lama, namun Anda masih perlu menopangnya dengan bantal. Perkembangan motorik lainnya, yaitu bayi dapat berguling dari punggung dan kembali ke posisi telentang. Saat bayi berguling, Anda dapat melihat gerakan kakinya mengayun dan beberapa saat kemudian siap merangkak. Selama bayi melakukan ini, Anda tetap harus menjaga keselamatan bayi agar tidak terluka. Selain itu, bayi juga telah memiliki genggaman tangan yang lebih kuat. Misalnya, bayi sudah dapat menarik benda yang berada dekat dengan tangannya dan memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. Bahkan, bayi sudah mulai bisa memegang botol susunya sendiri.

2. Peningkatan indra

Perkembangan bayi 5 bulan berikutnya berhubungan dengan penglihatan yang semakin baik. Meski bayi belum memiliki penglihatan yang sempurna, namun ia mulai bisa melihat dengan baik dari jarak tertentu. Selain itu, penggambaran warna telah terjadi antara dua warna yang berbeda. Namun, warna utama yang masih menjadi kesukaannya, yaitu biru, kuning, dan merah.

3. Peningkatan komunikasi

Selain itu, perkembangan bayi 5 bulan juga termasuk sudah mulai mengoceh dan ucapannya sudah mendekati kata-kata asli. Bayi mungkin sudah mulai menyatukan suara konsonan dan vokal. Meski demikian, ia belum memiliki makna tertentu terkait ucapan yang keluar dari mulutnya. Selain itu, bayi juga sudah mulai memahami suara yang didengarnya, seperti suara televisi atau motor ketika dinyalakan. Meski belum memahami kata-kata yang didengarnya, namun bayi yang berusia 5 bulan biasanya sudah bisa mencari sumber suara jika namanya dipanggil oleh seseorang atau mendengar suara yang dikenal olehnya, seperti ibu dan ayah.

4. Cara tidur

Sebagian besar bayi yang berusia 5 bulan akan tidur sepanjang malam. Agar tidur bayi semakin nyaman, cobalah untuk membuatkan ritme tidur yang teratur. Caranya dengan memandikan bayi dengan air hangat, menyanyikannya lagu atau bercerita, sehingga dapat membuat bayi mengantuk. Pada siang hari, bayi masih memerlukan dua kali tidur siang, yaitu di pagi hari dan setelah makan siang. Pastikan Anda tidak menunda waktu tidur bayi tersebut. Jika bayi sudah mulai mengantuk, atur posisi tidur yang nyaman untuknya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout