Blog

tanda tanda mau haid

Perempuan Wajib Tahu: 7 Tanda-Tanda Mau Haid

Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada setiap perempuan. Namun, tidak semua perempuan memiliki siklus menstruasi yang sama. Ada yang teratur dan dapat diprediksi, ada juga yang tidak teratur dan sulit diprediksi. Meski demikian, tanda-tanda mau haid pada setiap perempuan pada umumnya sama.

Tanda-tanda mau haid atau Pre-Menstrual Syndrome (PMS) pada umumnya terjadi pada satu hingga dua minggu sebelum menstruasi. Mengenali tanda-tandanya penting untuk dilakukan agar perempuan dapat menanganinya dengan tepat. Apa saja gejala yang kerap dialami oleh perempuan? Berikut 7 di antaranya.

1. Payudara terasa nyeri

Gejala ini merupakan salah satu yang paling umum dialami oleh perempuan. Sebelum menstruasi, payudara terasa sakit dan bengkak. Meski penyebabnya belum dipastikan, namun diduga karena tingginya kadar prolaktin (hormon menyusui).

2. Perut kembung

Jika perut Anda terasa kembung, bisa dipastikan menstruasi akan segera tiba. Gejala ini disebabkan oleh kombinasi dari perubahan hormon dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Mengonsumsi buah dan sayuran, serta rutin berolahraga adalah beberapa cara untuk mengatasinya

3. Muncul jerawat

Gejala ini juga merupakan yang paling umum terjadi. Penyebabnya adalah peningkatan kadar hormon progesteron menjelang menstruasi. Hormon ini memicu meningkatnya produksi minyak (sebum), sehingga mengakibatkan penyumbatan pori-pori dan jerawat.

4. Terjadi perubahan mood

Perubahan mood biasanya terjadi 1-2 minggu sebelum haid dan berhenti di hari ke-2 haid. Gejala ini disebabkan oleh ketidakstabilan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Ciri-cirinya mencakup mudah tersinggung, merasa kesal, cemas berlebihan, dan mudah menangis tanpa alasan. Untuk menjaga mood tetap saat haid, antara lain rutin berolahraga, hindari rokok dan alkohol, minum banyak air putih, konsumsi susu rendah lemak, hindari kopi atau teh, dan konsumsi camilan sehat.

5. Mengalami gangguan tidur

Gejala ini mungkin tidak dialami oleh semua perempuan. Perubahan hormon saat menstruasi adalah salah satu penyebab. Ciri-cirinya adalah kesulitan tidur meski mata mengantuk dan tubuh kelelahan. Untuk mengatasinya, rutin berolahraga, hindari alkohol, pilih posisi tidur yang nyaman, atur suhu ruangan, lakukan teknik relaksasi, serta mengonsumsi sayuran hijau, yoghurt, telur, dan daging.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

6. Sakit kepala 

Sakit kepala atau migrain adalah gejala yang juga dipicu oleh perubahan hormon pada tubuh atau juga dapat terjadi saat perempuan mengalami ovulasi. Namun, gejala ini dapat berbeda-beda pada setiap perempuan, tergantung kondisi fisik, emosional, atau kesehatan orang tersebut.

7. Kelelahan 

Merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berat? Hal itu dapat menjadi tanda-tanda menstruasi akan segera tiba. Gejala ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ketidakseimbangan kadar hormon, perubahan mood yang tidak stabil, dan mengalami kesulitan tidur menjelang menstruasi. 

Setelah mengenali tanda-tanda mau haid di atas, tentunya Anda akan lebih memiliki persiapan sebelum menstruasi, sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jadwal menstruasi menjadi lebih cepat, lebih lama, atau tidak datang sama sekali, antara lain terlalu banyak berolahraga, penggunaan pil KB atau IUD, stres, hamil, adanya polip atau miom pada rahim, atau mengidap sindrom ovarium polikistik (PCOS). Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda mau haid yang tidak normal, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan analisis dan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout