Blog

penuaan dini

Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mengatasinya

Perubahan fisik yang terjadi seiring bertambahnya usia merupakan hal yang tak terhindarkan. Salah satu perubahan fisik yang paling terlihat adalah aging atau penuaan dini. Namun, ternyata penuaan dini juga bisa terjadi pada orang yang masih berusia muda. Apa penyebabnya?

Tanda-tanda penuaan memang wajar dialami oleh orang yang berusia lanjut, namun hal ini menjadi tidak wajar jika terjadi pada orang yang masih berusia muda. Faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut? Berikut beberapa penyebab penuaan dini yang perlu Anda ketahui:

Penyebab Penuaan Dini

Banyak faktor yang bisa menyebabkan penuaan dini. Mulai dari lingkungan yang tercemar polusi hingga pola hidup yang tidak sehat. Agar terhindar dari hal tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa faktor penyebab penuaan dini berikut:

1. Sinar Matahari

Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama penuaan dini. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan tabir surya secara rutin, karena berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

2. Radikal bebas

Faktor penyebab penuaan dini berikutnya adalah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa penyebab yang memicu timbulnya radikal bebas, antara lain polusi lingkungan, cuaca, hingga air yang tercemar. Agar terhindar dari radikal bebas, sebaiknya terapkan pola makan sehat, seperti memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi vitamin dan serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan agar mengurangi timbulnya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. 

3. Asap rokok

Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin dalam rokok bisa berdampak buruk pada tubuh, terutama sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit akan sulit regenerasi dan membuat kulit dan wajah terlihat kusam, serta terlihat menua. Oleh karena itu, sebaiknya hindari asap rokok atau hentikan kebiasaan merokok sejak dini. 

4. Tabir surya

Cara mudah untuk mengurangi penuaan dini lainnya adalah menggunakan tabir surya setiap hari. Dikutip dari American Academy of Dermatology, penggunaan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 secara rutin sangat direkomendasikan bagi orang yang berusia muda. Hal ini dikarenakan tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit terhadap sinar UVA dan UVB matahari. Terlalu lama terpapar sinar UVA tanpa perlindungan bisa berdampak bagi kulit, yaitu menyebabkan efek penuaan pada kulit. 

Oleh karena itu, Anda yang masih berusia muda disarankan untuk rutin mengaplikasikan tabir surya, terutama pada area wajah, tangan, lengan, dan leher, setiap hari, baik di dalam ataupun di luar ruangan. 

Selain pencegahan dari luar, Anda juga perlu melakukan perawatan rutin dengan topikal skincare antiaging seperti Yalode Instant Eye Lifting. Yalode Instant Eye Lifting dapat membantu menghilangkan 3 gejala penuaan dini, khususnya di area mata, seperti kerutan mata (crow’s feet), kantung mata (eye bag), dan mata panda (dark circle) hanya dengan 5 menit.Yalode Instant Eye Lifting diformulasikan khusus untuk membantu menghilangkan crow’s feet wrinkle dengan segera, menjaga elastisitas dan kelembapan daerah mata sehingga menjadikan area mata menjadi lebih muda dan kencang, serta membantu menyamarkan lingkaran hitam dan kantung di  bawah mata. Penggunaan Yalode Instant Eye Lifting secara jangka panjang juga bisa menghilangkan kerutan di area mata.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout