Blog

vitamin c untuk ibu hamil

Pentingnya Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Sumber alami vitamin C bisa didapatkan dari sayur, buah, dan beberapa makanan lainnya. Namun, tahukah Anda mengapa vitamin C untuk ibu hamil itu sangat penting, dan apa saja manfaat vitamin untuk kesehatan ibu hamil?

Agar asupan vitamin C tercukupi, ibu hamil perlu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis yang disarankan oleh dokter. Berikut alasan pentingnya vitamin C untuk ibu hamil dan manfaatnya.

Baca juga : asam folat untuk ibu hamil

Pentingnya Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C atau asam askorbat merupakan vitamin esensial yang larut dalam air. Vitamin esensial adalah nutrisi yang tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga perlu didapatkan dari sumber lain, seperti makanan. Saat mengonsumsi vitamin C, tubuh menyimpan sedikit cadangan vitamin C, sedangkan sisanya dibuang melalui urine.

Vitamin C perlu dikonsumsi ibu hamil secara rutin untuk mencegah kekurangan vitamin C dalam tubuh dan membantu penyerapan zat besi. Zat besi berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Ibu hamil juga membutuhkan vitamin C untuk membantu pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang berperan dalam penyembuhan luka dan memelihara kesehatan tulang, tulang rawan, kulit, tendon, ligamen, dan gigi. Selain itu, vitamin C untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa yang terbentuk saat tubuh memecah makanan atau terpapar polusi, asap rokok, radiasi sinar ultraviolet, dan bahan kimia pabrik. Jika radikal bebas menumpuk dalam tubuh, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan jantung. Pada ibu hamil, penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan preeklampsia. 

Baca juga : posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

Mulai dari mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin di dalam kandungan, berikut beberapa manfaat vitamin C untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat hamil, kekebalan tubuh ibu hamil cenderung menurun, sehingga bisa lebih berisiko terkena berbagai penyakit, termasuk infeksi selama kehamilan. Kandungan antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh ibu hamil lebih sehat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

2. Menjaga kesehatan kulit

Perubahan hormon yang terjadi pada kehamilan berdampak pada perubahan pada kulit, seperti bintik hitam, jerawat, atau melasma. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi vitamin C secara rutin untuk menjaga kulit tetap sehat. Hal ini dikarenakan sifat antioksidan dalam vitamin C dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan.

3. Mengurangi risiko diabetes gestasional

Dikutip dari jurnal Clinical Nutrition, mengonsumsi vitamin C secara rutin saat hamil dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah salah satu komplikasi yang bisa terjadi selama kehamilan, karena tingginya kadar gula darah saat hamil.

4. Mendukung perkembangan janin

Manfaat vitamin C untuk ibu hamil juga bisa didapatkan oleh janin. Dikutip dari jurnal Public Library of Science, ibu hamil yang kekurangan vitamin C dapat menghambat perkembangan otak janin. Bagian otak yang terhambat adalah hippocampus, yaitu bagian otak besar yang berperan dalam menyimpan memori, sehingga dapat menyebabkan anak lahir dengan masalah daya ingat yang mengakibatkan sulit belajar dan bersosialisasi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout