Blog

ibu hamil sakit gigi

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Aman

Kehamilan merupakan sebuah anugerah yang sangat indah terlebih jika Anda telah lama menantikan kehadiran buah hati. Kehamilan pertama atau seterusnya paling banyak mempengaruhi hormon tubuh sehingga menjadi abnormal dari biasanya, seperti perasaan mual muntah, sering sensitif, gigi sakit hingga rambut rontok. Dari hasil penelitian, 90% wanita hamil pasti akan mengalami masalah gigi baik sakit gusi, sakit gigi, gigi mudah keropos, dan gigi mudah plak hitam. 

Dalam artikel ini akan dibahas tentang obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dan bagaimana menyikapi kesehatan gigi selama hamil hingga menyusui.

Alasan Gigi Bumil Dan Busui Mudah Sakit/Terkendala 

Faktor terpenting saat Anda hamil pertama kali adalah usia, ketika usia Anda masih di bawah 20 tahun tentu masalah gigi tidak mudah menyerang karena kecukupan kalsium gigi dan tulang usia tersebut masih sangat bagus. Di sisi lain, resiko hamil muda adalah kematangan emosi untuk merasakan semua gejala kehamilan masih labil. Jadi, ada plus dan minusnya ya wanita yang hamil di bawah usia 20 tahun. Sedangkan wanita yang hamil pertama kali telah masuk usia 20 tahun ke atas bahkan mendekati kepala 3 resiko sakit gigi akan lebih banyak karena kecukupan kalsiumnya telah mulai menurun. Setiap bulan wanita menstruasi rutin akan berdampak pada stok kalsium dan mineral lainnya mulai surut perlahan. Untuk itu, perlunya gizi kalsium dan mineral lain agar tubuh tetap sehat ketika mulai hamil.

Obat Sakit Gigi Bumil Dan Busui 

Sementara ini, obat alami bumil dan busui bahan alami adalah air garam untuk kumur, obat kimia paracetamol dan antibiotik yang disarankan dari dokter. Bumil dan busui wajib menghindari obat kimia yang mengandung zat ibuprofen dan anti nyeri aspirin NSAID karena kandungannya cukup keras bagi perkembangan janin.

Apa Yang Dilakukan Bumil Dan Busui Ketika Sakit Gigi? 

Bagi Anda yang sebelum hamil telah memiliki riwayat gigi berlubang dan tidak sakit sebaiknya ditambal terlebih dahulu agar saat hamil tidak kumat nyeri. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa kesehatan gigi sebelum hamil sangat utama, jika gigi berlubang tidak ditangani baik maka bisa mempengaruhi kesehatan janin. Bakteri dan virus yang masuk ke gigi berlubang bisa berpotensi gejala down sindrom. 

Kesimpulannya, obat sakit gigi untuk ibu hamil dan busui masih memakai obat kimia sebagai aksi tercepat ya, efek hormon progesteron yang meninggi ketika hamil menjadi pengaruh terbanyak atas semua keluhan 9 bulan. Yang harus Anda lakukan agar saat sakit gigi hamil tidak membuat tinggi tekanan darah atau marah adalah berusaha sabar dan mencoba mengendalikan emosi. Emosi yang tidak stabil hanya akan membuat parah sakit gigi. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout