Blog

sertifikat online pedulilindungi

Mudah dan Praktis, Ini Cara Cek Sertifikat Online PeduliLindungi

Untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, Anda perlu mengetahui cara cek dan download sertifikat online PeduliLindungi.Memiliki sertifikat online PeduliLindungi adalah salah satu bentuk kepedulian dan perlindungan diri sendiri dan orang lain di masa pandemi. 

Dengan memiliki sertifikat online PeduliLindungi, Anda dapat menunjukkan keterangan sehat dan bukti vaksinasi untuk menggunakan berbagai fasilitas publik. Bagaimana cara cek dan download sertifikat online PeduliLindungi? Berikut penjelasannya.

Cara Cek dan Download Sertifikat Online Pedulilindungi

Tujuan dari mengetahui cara cek dan download sertifikat online PeduliLindungi adalah agar Anda dapat menunjukkan bukti dua dosis vaksin atau vaksinasi dosis pertama saat menggunakan berbagai fasilitas publik. Untuk cek dan download sertifikat online PeduliLindungi, Anda bisa melakukannya melalui dua cara praktis, yaitu situs web resmi dan aplikasi. Berikut cara cek dan download sertifikat online PeduliLindungi melalui situs web resmi.

  1. Masuk ke Akun PeduliLindungi

Buka situs web resmi Pedulilindungi di https://www.pedulilindungi.id/. Kemudian, masuk dengan menggunakan akun Pedulilindungi yang sudah Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun, buat akun dengan memasukkan nama lengkap sesuai KTP, nomor ponsel, dan email.

  1. Pilih ‘Sertifikat Vaksin’ yang Muncul

Setelah itu, klik nama akun di bagian pojok kanan atas pada halaman awal. Kemudian, klik opsi ‘Sertifikat Vaksin’ yang muncul, klik bagian nama. Lalu, buka gembok dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP. Jika belum berhasil, klik menu ‘Riwayat & Tiket Vaksin’ terlebih dahulu, lalu kembali ke halaman ‘Sertifikat Vaksin’.

  1. Tampilan Sertifikat Vaksin

Kemudian, halaman akan menampilkan sertifikat vaksin Anda. Anda bisa menyimpannya atau bisa langsung mencetaknya agar lebih mudah ditunjukkan.

Selain melalui situs web resmi, Anda juga bisa melakukan cek dan download sertifikat online Pedulilindungi secara mudah melalui aplikasi Pedulilindungi. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memberatkan ponsel, karena ukurannya hanya sekitar 13 MB. Berikut caranya:

  1. Download aplikasi Pedulilindungi melalui toko aplikasi sesuai sistem operasi ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi Pedulilindungi yang sudah diunduh. Jika Anda sudah memiliki akun, masuk dengan akun yang dimiliki. Jika Anda belum memiliki akun, buat akun terlebih dahulu.
  3. Klik ‘Akun’ di sebelah kanan atas setelah berhasil masuk ke aplikasi Pedulilindungi.
  4. Lanjutkan dengan klik ‘Sertifikat Vaksin’ dan kemudian pilih nama Anda. Setelah itu, gunakan Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP Anda untuk membuka sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin akan tampil di layar ponsel.

Status Kesehatan Melalui QR Code Pedulilindungi

Selain cara cek dan download sertifikat online Pedulilindungi, Anda juga perlu mengetahui hasil QR code Pedulilindungi. QR Code Pedulilindungi akan menunjukkan status kesehatan Anda dalam tiga warna. Berikut keterangan warna dan status kesehatan tersebut. 

  1. Hijau: Anda telah mendapatkan dua dosis vaksin, tidak dalam status positif COVID-19. Selain itu, Anda juga tidak memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19.
  1. Kuning: Anda baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama saja.
  1. Merah: Anda belum vaksinasi sama sekali, sedang dalam kondisi positif COVID-19, atau memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19.

Dengan mengetahui cara cek dan download sertifikat online Pedulilindungi, Anda akan lebih mudah dalam beraktivitas sehari-hari. Pastikan Anda selalu melakukannya sebelum menggunakan berbagai fasilitas publik.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout