Blog

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Mudah dan Efektif, Ini 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat ditandai dengan kesulitan bernapas yang dapat mengganggu kenyamanan aktivitas dan tidur Anda. Agar terhindar dari gangguan ini, Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat.

Hidung tersumbat dapat terjadi pada satu atau kedua sisi hidung. Gangguan ini salah satunya disebabkan oleh pembengkakan jaringan dan pembuluh darah di rongga hidung saat mengalami alergi. Anda juga bisa mengenali penyebab hidung tersumbat melalui penjelasan berikut.

Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah atau Menyeluruh

Jangan anggap sepele jika Anda mengalami hidung tersumbat. Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala Anda terkena penyakit. Beberapa penyakit tersebut antara lain:

  1. Flu
  2. Pilek
  3. Alergi
  4. Iritasi
  5. Sinusitis 

Selain penyakit di atas, hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh peradangan pada hidung yang bukan akibat alergi, tumor, polip hidung, sindrom Churg-Strauss, sekat hidung yang miring (deviasi septum), kelenjar gondok yang membesar, dan asma.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh adalah menjaga kelembapan saluran hidung. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan 5 cara berikut:

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Selain baik untuk saluran pencernaan, banyak minum air putih juga bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat. Air putih berfungsi untuk membantu mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tidak kering. Tidak hanya air putih, air jahe hangat, teh hangat, dan jus buah segar, juga berkhasiat untuk mengatasi hidung tersumbat.

  1. Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya adalah menghirup uap hangat yang dihasilkan dari air yang sudah dimasak hingga mendidih. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menghirup uap hangat dari air mendidih. Hirup uap hangat secara perlahan dan hindari kulit hidung terkena air mendidih. Selain itu, Anda juga dapat menghirup uap hangat dengan menggunakan humidifier atau mandi air hangat. 

  1. Membilas Hidung dengan Air Garam

Membilas hidung dengan air garam juga bisa menjadi solusi mengatasi hidung tersumbat. Air garam berfungsi untuk menghilangkan virus dan bakteri yang berada di dalam rongga hidung, sehingga dapat melegakan hidung tersumbat secara efektif. Caranya, buatlah air garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan baking soda secukupnya, lalu larutkan dalam 1 cangkir air mineral hangat. Kemudian, isi larutan tersebut ke dalam alat suntikan. Pastikan jarum pada alat suntikan sudah dilepas. Bersandarlah ke wastafel dengan memiringkan kepala, lalu tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Diamkan hingga larutan mengalir keluar dari lubang hidung. Bernapaslah melalui mulut selama proses ini.

  1. Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan. Obat-obatan, seperti paracetamol, dekongestan, antihistamin, ibuprofen, serta naproxen, dapat Anda gunakan untuk meredakan hidung tersumbat sebelah atau seluruhnya. Agar lebih aman untuk kesehatan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Selain obat-obatan tersebut, vitamin C dan zinc juga bisa dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan.

  1. Mandi Air Hangat

Uap yang dihasilkan dari air hangat bermanfaat untuk membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di rongga hidung Anda. Selain itu, mandi air hangat juga dipercaya dapat mengurangi peradangan di dalam hidung. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas karena akan berbahaya bagi kesehatan kulit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout