Blog

cara daftar vaksin booster di pedulilindungi

Mudah dan Cepat, Ini Cara Daftar Vaksin Booster di PeduliLindungi

Untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19, seseorang harus mendapatkan vaksinasi primer dosis satu dan dua terlebih dahulu. Vaksin booster ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta menambah masa perlindungan. Salah satu cara untuk mendapatkan vaksin booster adalah melalui website dan aplikasi PeduliLindungi. Bagaimana cara daftar vaksin booster di PeduliLindungi?

Program vaksinasi booster di Indonesia mulai dilakukan pada 12 Januari 2022 yang lalu. Program tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan diberikan secara gratis untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas dan diprioritaskan kepada kelompok lanjut usia dan kelompok rentan. Berikut cara cek jadwal vaksin booster dan cara daftar vaksin booster di PeduliLindungi yang perlu Anda ketahui

Cara Cek Jadwal Vaksin Booster

Sebelum mendaftar vaksin booster, Anda perlu mengetahui jadwal pemberian vaksinasi booster terlebih dahulu. Berikut cara cek jadwal vaksin booster di website atau aplikasi PeduliLindungi:

1. Melalui website PeduliLindungi

  • Masuk ke website PeduliLindungi via browser.
  • Di bagian “status kesehatan”, masukkan nama lengkap dan NIK Anda.
  • Pilih kolom “saya bukan robot”, lalu klik “periksa”.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman informasi terkait status vaksinasi Anda.

2. Melalui aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi PeduliLindungi.
  • Login dengan menggunakan nomor ponsel atau email yang terdaftar.
  • Setelah itu, masukkan OTP yang dikirimkan.
  • Klik bagian “profil”, lalu pilih menu “status vaksinasi dan hasil tes Covid-19”.
  • Setelah status dan jadwal vaksinasi booster muncul, maka Anda bisa cek tiket pada menu “riwayat dan tiket vaksin”.
  • Setelah memiliki tiket vaksin, Anda bisa melihat jadwal dan tempat pemberian vaksin booster yang telah ditentukan.

Cara Daftar Vaksin Booster di PeduliLindungi

Untuk mendaftar vaksin booster, ada dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu melalui website dan aplikasi PeduliLindungi. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok prioritas, Anda bisa langsung mengecek jadwal vaksinasi booster di website dan aplikasi PeduliLindungi. Tiket vaksinasi tersebut sudah bisa digunakan di tempat vaksinasi atau fasilitas sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Berikut caranya:

1. Melalui website

Masuk ke website pedulilindungi.id, cek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan nama lengkap dan NIK.

2. Melalui aplikasi

Masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi, masuk dengan akun Anda yang sudah terdaftar, klik menu profil, pilih status vaksinasi dan hasil tes Covid-19, status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun Anda. Bagi Anda yang ingin cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”.

Selain website dan aplikasi PeduliLindungi, Anda juga bisa mendaftar vaksin booster dengan datang langsung ke lokasi vaksinasi atau fasilitas kesehatan terdekat. Namun, bagaimana jika Anda masuk ke dalam kelompok prioritas, namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi? Tidak perlu khawatir, Anda bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat di area rumah Anda dengan membawa KTP dan surat bukt vaksinasi dosis satu dan dua. Vaksinasi booster secara gratis dilakukan di beberapa fasilitas kesehatan milik pemerintah, yaitu rumah sakit (RS) pemerintah, puskesmas, serta rumah sakit Pemerintah Daerah (RSUD).

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout