Blog

menghitung masa subur wanita

Mudah dan Akurat, Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Menghitung masa subur wanita sangat penting untuk meningkatkan peluang memiliki keturunan. Jika ingin meningkatkan peluang kehamilan, Anda perlu membuat catatan periode haid setiap bulan agar dapat memperkirakan waktu yang tepat untuk berhubungan intim.

Untuk memperbesar peluang kehamilan, Anda perlu mengetahui hari-hari tertentu di mana Anda berada di kondisi yang paling subur untuk berhubungan intim secara teratur. Berikut cara menghitung masa subur wanita yang perlu Anda ketahui.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Pada umumnya masa subur wanita dihitung berdasarkan analisis siklus haid selama 8 bulan terakhir. Selain mudah, cara ini juga dipercaya memiliki hasil yang akurat. Berikut caranya:

  1. Ketahui siklus terpendek Anda. Misalnya, siklus terpendek menstruasi Anda adalah 27 hari. Untuk menghitung masa subur, kurangi 27 dengan 18, hasilnya 9. Angka 9 adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.
  2. Ketahui siklus terpanjang Anda. Misalnya, siklus terpanjang menstruasi Anda adalah 30 hari. Untuk menghitung masa subur, kurangi 30 dengan 11, hasilnya 19. Angka 19 adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

Melalui analisis siklus haid di atas, maka disimpulkan jika siklus haid Anda rata-rata 27-30 hari, maka masa paling subur Anda adalah pada hari ke-9 hingga ke-19.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Indikator Masa Subur Setelah Haid

Selain menggunakan analisis siklus haid, cara menghitung masa subur wanita juga dapat menggunakan beberapa cara berikut:

Meningkatnya suhu basal tubuh

Suhu basal tubuh merupakan suhu tubuh saat bangun di pagi hari. Jika suhu basal tubuh Anda berada di atas 35,5-36,6 derajat Celsius yang merupakan suhu normal tubuh, berarti Anda sedang berada pada masa subur. Untuk memantau kenaikan suhu, Anda bisa menggunakan termometer khusus suhu basal tubuh.

Nyeri pada perut atau punggung

Pada masa ovulasi, yaitu periode di sekitar pertengahan siklus haid, beberapa wanita akan merasakan nyeri ringan hingga berat pada perut bagian bawah atau punggung. Rasa nyeri ini merupakan salah satu tanda untuk membantu Anda dalam memperkirakan masa subur.

Adanya perubahan lendir dari mulut rahim

Siklus haid dikontrol oleh hormon yang memengaruhi lendir yang keluar dari mulut rahim atau lendir serviks. Pada masa sebelum dan selama ovulasi, terjadi perubahan jumlah, warna, dan tekstur lendir. Beberapa hari sebelum ovulasi, lendir biasanya menjadi lengket, keruh, dan keputihan, sedangkan tepat sebelum ovulasi, lendir akan menjadi licin seperti putih telur selama 3-4 hari. Pada tahap inilah Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil jika melakukan hubungan intim.

Perasaan lebih bergairah

Cara menghitung masa subur wanita yang satu ini lebih bersifat psikologis. Sebagian besar wanita yang berada pada masa subur biasanya lebih bergairah, lebih bersemangat, lebih seksi, dan lebih mudah bersosialisasi, tepat sebelum ovulasi.

Dengan mengetahui cara menghitung masa subur wanita dan memahami apa yang terjadi selama siklus haid, maka Anda akan lebih mudah dalam merencanakan kehamilan dan mengevaluasi kesehatan reproduksi. Jika Anda mengalami siklus haid yang tidak teratur sehingga kesulitan untuk memperkirakan masa subur dan masa ovulasi, Anda bisa menggunakan bantuan alat tes masa subur. Alat ini bisa Anda dapatkan secara bebas di apotek.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout