Blog

manfaat jeruk nipis

Menyegarkan dan Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis

Rasa asamnya yang segar dan khas, membuat jeruk nipis sering dijadikan sebagai bahan pelezat makanan, seperti soto dan sambal. Namun, di balik kesegarannya, manfaat jeruk nipis juga termasuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Berbagai penyakit yang dipercaya dapat diatasi dengan jeruk nipis, yaitu batuk dan peradangan. Untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis, Anda cukup memanfaatkan air perasannya menjadi ramuan. Sebelum mengenal manfaat jeruk nipis, mari simak nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis.

Menyegarkan dan Kaya Nutrisi

Selain digunakan sebagai pelezat makanan dan campuran minuman, jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C, vitamin A, zat besi, hingga kalsium. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut kandungan nutrisi dalam dalam setiap jeruk nipis berukuran sedang:

  1. Vitamin C 22% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  2. Karbohidrat 7 gram
  3. Protein 0,5 gram
  4. Serat 1,9 gram
  5. Lemak 0,1 gram
  6. Vitamin B6 2% AKG
  7. Zat Besi 2% AKG
  8. Kalsium 2% AKG
  9. Potasium 1% AKG
  10. Thiamin 2% AKG

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, tidak heran jika jeruk nipis sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah berbagai penyakit. Mulai dari memperkuat imun tubuh hingga mencegah risiko penyakit jantung, berikut manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

  1. Memperkuat Imun Tubuh

Jeruk nipis merupakan sumber alami vitami C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Di masa pandemi, mengonsumsi jeruk nipis secara rutin sangat dianjurkan agar tubuh lebih sehat dan bugar, sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tahukah Anda, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penelitian menemukan adanya hubungan antara mengonsumsi jeruk nipis secara rutin dengan penurunan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor pemicu utama penyakit jantung.

  1. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan tinggi, yaitu flavonoid, limonoid, asam askorbat, hingga quercetin. Kandungan antioksidan tersebut berperan dalam mempertahankan sel tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan. Kerusakan sel tubuh adalah penyebab dari beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes, jantung, serta beberapa jenis kanker. Dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis, Anda dapat menurunkan risiko dari beberapa penyakit tersebut.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam jeruk nipis memiliki beragam manfaat. Antara lain menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, serta menjaga kulit tetap kencang, kuat, sehingga tetap terlihat awet muda. Penelitian juga menemukan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi jeruk nipis yang merupakan sumber vitamin C alami, cenderung memiliki risiko mengalami kulit keriput dan kering saat berusia lanjut.

  1. Mengatasi Peradangan pada Kulit

Khasiat jeruk nipis tidak hanya menyehatkan kulit dari dalam, namun juga efektif dalam mengatasi peradangan kulit yang diakibatkan oleh gigitan serangga dan luka bakar. Dengan mengoleskan jeruk nipis, akan mengurangi bengkak atau rasa sakit dari luka tersebut. Selain itu, manfaat jeruk nipis juga termasuk mengatasi jerawat serta komedo, sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih segar dan sehat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout