Blog

Menu Diet Sehat

Menu Diet Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Diet tidak hanya pola makan dengan mengurangi porsi dan jenis makanannya. Namun, diet juga melatih Anda untuk menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Salah satu caranya dengan mengonsumsi menu diet sehat.

Sebelum menerapkan menu diet sehat, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah agar program diet semakin optimal. Berikut beberapa strategi yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Menghitung Kebutuhan Kalori

Mengenal kebutuhan kalori Anda merupakan kunci untuk merancang menu diet sehat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan berbagai faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Saat tubuh mendapatkan jumlah kalori yang tepat dari asupan makanan dan minuman, maka fungsi tubuh akan berjalan dengan normal, mulai dari berpikir, bernapas, serta memompa darah.

Mengatur Porsi Makan

Diet bukan berarti melewatkan waktu makan dan menghindari berbagai jenis makanan. Sebenarnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan tubuh, namun yang perlu diatur adalah porsi makanannya. Berikut cara membagi porsi makan menjadi 4 bagian dalam diet sehat:

  • Seperempat untuk daging atau sumber protein
  • Seperempat untuk karbohidrat
  • Sisanya sayuran hijau dan berwarna-warni

Intinya, sesuaikan porsi makan dengan prinsip gizi seimbang. Selain itu, hindari makanan berlemak atau tinggi gula saat makan malam agar berat badan tidak naik secara drastis.

Membuat Jadwal Makan yang Teratur

Melewatkan waktu makan saat diet sangat tidak dianjurkan. Setiap waktu makan penting untuk menjalani diet sehat. Untuk mengurangi porsi makan, sebaiknya bagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan dengan porsi kecil. Selain itu, hindari makanan tinggi lemak dan kalori dan pastikan sarapan dengan makanan tinggi protein dan serat. Hal ini bertujuan agar tubuh merasa kenyang lebih lama.

Menu Diet Sehat yang Disarankan

Setelah mengetahui strategi diet yang tepat, Anda juga perlu mengonsumsi beragam makanan bergizi. Berikut beberapa jenis makanan yang perlu dimasukkan dalam menu diet sehat Anda:

1. Sayur dan buah

Memasukkan sayur dan buah dalam menu diet sehat akan mendapatkan gizi yang seimbang. Dengan berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat, sayur dan buah dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Beberapa jenis sayur dan buah yang disarankan, antara lain brokoli, wortel, paprika, blueberry, anggur, apel, dan pisang.

2. Gandum Utuh

Menu diet sehat berikutnya adalah gandum utuh yang merupakan sumber karbohidrat kompleks tinggi serat yang baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan nutrisi dalam gandum utuh, seperti folat, zat besi, kalium, dan magnesium, juga membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Beberapa jenis makanan yang mengandung gandum utuh, antara lain beras merah, soba, roti gandum atau pasta gandum utuh, havermut (oatmeal), serta popcorn.

3. Protein Rendah Lemak

Protein merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh, sehingga sangat penting untuk diet sehat. Namun, hindari protein yang mengandung tinggi lemak, karena dapat membahayakan kesehatan, seperti obesitas. Dilansir dari World Health Organization (WHO), mengurangi jumlah asupan lemak total hingga 30% dapat membantu mencegah kenaikan berat badan. Oleh karena itu, penuhi asupan protein rendah lemak melalui beberapa makanan, seperti telur atau putih telur, daging putih, ikan, tahu, kacang polong, dan susu rendah lemak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout