Blog

gejala kanker payudara

Mengenali Stadium Perkembangan dan Gejala Kanker Payudara

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami wanita. Sebagai langkah pencegahan, Anda perlu mengenali gejala kanker payudara agar bisa ditangani dengan tepat.

Kanker payudara terjadi ketika sel pada jaringan payudara tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali. Apa gejala kanker payudara yang perlu diwaspadai dan bagaimana perkembangan stadiumnya? Simak penjelasan berikut.

Perkembangan Stadium Kanker Payudara

Sebelum mengenali gejala kanker payudara, Anda perlu memperhatikan sejauh mana perkembangan sel kanker sesuai dengan stadium yang dialami. Hal ini dikarenakan kanker payudara berasal dari pertumbuhan sel abnormal payudara akibat perubahan atau mutasi sel DNA di area tersebut.

Pada stadium awal, sel abnormal kanker payudara tidak menunjukkan gejala yang berarti. Namun, Anda bisa mendeteksinya dengan melakukan pemeriksaan mammogram secara rutin setiap tahun. Semakin cepat perkembangan sel kanker dideteksi, maka semakin tinggi tingkat kesembuhannya. Berikut beberapa perkembangan stadium kanker payudara beserta ciri-cirinya:

  • Stadium 0. Pada tahap ini, ditemukan perkembangan sel abnormal pada jaringan payudara, namun masih belum berkembang dan menyebar.
  • Stadium 1. Pada tahap ini, tumor biasanya sudah memiliki ukuran kurang dari 2 sentimeter, namun belum menyebar.
  • Stadium 2. Pada tahap ini, sel kanker sudah memiliki ukuran lebih dari 2 sentimeter dan sudah mengalami penyebaran ke area sekitarnya.
  • Stadium 3. Pada tahap ini, sel kanker sudah berukuran lebih dari 2 sentimeter dan mulai menyebar ke bagian dada atau kelenjar getah bening.
  • Stadium 4. Pada tahap ini, sel kanker sudah menyebar ke beberapa organ hingga bagian tubuh yang lain.

Untuk memastikan tingkat keparahan kanker payudara yang dialami, Anda dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Gejala Kanker Payudara

Setelah mengetahui perkembangan stadium kanker payudara, Anda perlu mengenali gejala yang ditimbulkan. Berikut beberapa ciri yang harus diwaspadai:

1. Munculnya benjolan di payudara

Salah satu ciri awal seseorang terkena kanker payudara adalah munculnya benjolan pada payudara. Benjolan ini umumnya berukuran 2 cm atau lebih kecil dan tidak selalu terasa sakit. Meski demikian, tidak semua benjolan pada payudara berarti kanker.

2. Muncul benjolan pada ketiak

Benjolan di bawah ketiak juga merupakan salah satu tanda seseorang terkena kanker payudara. Hal ini dikarenakan jaringan payudara meluas hingga ke bawah ketiak, sehingga kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak. Jika Anda merasakan adanya benjolan di bawah ketiak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kanker payudara.

3. Warna kulit payudara berubah

Salah satu ciri kanker payudara lainnya adalah perubahan warna pada kulit payudara. Ketika seseorang mengalami kanker payudara, kulit payudara akan menjadi kemerahan seperti mengalami iritasi, tekstur dan warna kulit berkerut yang menyerupai kulit jeruk, serta terjadi penebalan kulit.

4. Puting terasa sakit

Munculnya perubahan pada bagian puting yang disertai rasa nyeri juga bisa menandai terjadinya kanker payudara, terutama pada stadium 1. Puting juga terkadang mengeluarkan cairan tidak normal atau justru masuk ke dalam payudara.

Jika Anda merasakan gejala di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan terkait kanker payudara.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout