Blog

hepatitis akut

Mengenal Hepatitis Akut, Penyebab, dan Gejalanya

Hepatitis akut adalah kondisi peradangan dan kelainan pada hati atau liver, sehingga menyebabkan terganggunya fungsi hati. Salah satu jenis hepatitis yang sedang hangat dibicirakan saat ini adalah hepatitis akut. Apa itu hepatitis akut?

Hepatitis akut adalah penyakit yang cukup umum ditemukan di seluruh dunia. Meski demikian, gejalanya banyak yang tidak terdeteksi, sehingga sering diabaikan. Untuk mengenal hepatitis lebih dalam, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Hepatitis Akut

Seperti jenis hepatitis lainnya, hepatitis akut adalah liver yang mengalami peradangan. Namun, penyakit ini terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat. Infeksi virus merupakan penyebab utama hepatitis, namun ada beberapa penyebab hepatitis akut lainnya yang perlu Anda ketahui berikut: 

  • Kerusakan liver
  • Infeksi bakteri
  • Cedera pada liver

Hepatitis akut bisa menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Contohnya, hepatitis akut anak yang akhir-akhir ini banyak menyerang anak-anak di berbagai wilayah di dunia, seperti Eropa, Amerika, dan Asia. Penyakit ini diketahui menyerang anak usia 1 bulan hingga 16 tahun. Namun, hingga saat ini, penyebabnya tidak diketahui secara pasti.

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan hepatitis akut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) sejak 15 April 2022 lalu. Dikutip dari Kementerian Kesehatan, ada sekitar 170 kasus hepatitis akut yang sudah tercatat di lebih dari 12 negara.

Lihat Juga: Hepa- Q Suplemen untuk menjaga kesehatan hati

Gejala Hepatitis Akut

Banyak kasus hepatitis akut yang tidak terdeteksi, karena jarang yang menimbulkan gejala. Namun, Anda tetap bisa mengidentifikasi hepatitis akut melalui beberapa gejala berikut:

  • Kelelahan
  • Demam
  • Nafsu makan menurun
  • Rasa tidak enak badan
  • Sakit perut
  • Diare
  • Muntah
  • Urine berwarna lebih gelap
  • Feses berwarna pucat 

Penyebab Hepatitis Akut

Hepatitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi dari virus. Namun, ada juga beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan hepatitis akut berikut:

1. Virus hepatitis

Penyebab umum hepatitis akut adalah infeksi virus. Virus yang menyebabkan kondisi ini dibagi menjadi lima jenis, yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A dan E yang akut bisa sembuh total dalam waktu kurang dari 6 bulan. Sedangkan hepatitis B, C, dan D umumnya dapat berkembang menjadi hepatitis kronis, bahkan bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

2. Konsumsi obat-obatan

Penyebab hepatitis akut berikutnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu dalam dosis yang berlebihan. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan organ hati mengalami peradangan. Contoh obat-obatan tersebut, antara ain aspirin, paracetamol, obat-obatan herbal, serta obat golongan sulfa. Meski kasusnya tidak banyak, namun hepatitis yang disebabkan konsumsi obat-obatan tidak boleh dianggap remeh, karena bisa mengakibatkan gagal hati.

3. Konsumsi minuman beralkohol

Hepatitis akut juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan hati yang disebabkan oleh kebiasaan minum minuman beralkohol secara berlebihan. Kondisi ini disebut dengan hepatitis alkoholik, dan biasanya ditandai dengan demam ringan, mual, dan rasa tidak enak badan. Selain itu, kerusakan pada jaringan hati karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa berkembang menjadi sirosis jika penderita tetap mengonsumsi alkohol. Untuk mencegah hal ini, penderita hepatitis alkoholik harus segera mengentikan kebiasan minum minuman beralkohol.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout