Blog

vitamin ibu hamil

Memasuki Trimester 2, Ini 5 Vitamin Ibu Hamil yang Tepat

Jika trimester 1 kehamilan adalah fase yang cukup melelahkan bagi ibu, maka memasuki trimester 2, tubuh ibu sudah cukup nyaman dengan kehamilan. Meski demikian, ibu tetap harus memenuhi asupan vitamin ibu hamil untuk mendukung kesehatan dirinya.

Selain menjaga kesehatan dirinya, ibu juga harus memenuhi asupan vitamin ibu hamil pada trimester 2 untuk mendukung perkembangan janin, bahkan setelah dilahirkan. Berikut 5 vitamin ibu hamil yang dianjurkan pada trimester 2:

1. Zat besi

Memasuki masa persalinan, kebutuhan zat besi ibu hamil akan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan zat besi berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sel darah merah untuk mencegah anemia, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Untuk memenuhi asupan zat besi, ibu hamil perlu mengonsumsinya sebanyak 35 miligram. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi, antara lain daging merah, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Jika ibu hamil mengalami anemia defisiensi zat besi (ADB), maka bisa mengonsumsi suplemen zat besi.

2. Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Selain itu, memenuhi asupan vitamin D selama trimester 2 dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti mencegah risiko preeklampsia, persalinan prematur, dan berat badan lahir bayi rendah. Asupan vitamin D yang dianjurkan selama kehamilan trimester 2 adalah 15 mcg per hari. Beberapa sumber alami vitamin D, antara lain kuning telur, ikan salmon, keju, serta suplemen hamil yang mengandung vitamin D.

3. Asam lemak omega-3

Vitamin ibu hamil trimester 2 yang dianjurkan lainnya adalah asam lemak omega-3. Nutrisi ini berfungsi untuk mendukung perkembangan otak, jantung, mata, sistem kekebalan tubuh, serta sistem saraf pusat janin dalam kandungan. Selain itu, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk mencegah masalah kesehatan, seperti mencegah risiko preeklampsia, mengurangi risiko persalinan prematur, serta mengurangi risiko depresi pasca melahirkan. Beberapa makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, antara lain telur, biji-bijian, ikan salmon yang dimasak matang sempurna, buah alpukat, minyak canola, serta minyak flaxseed.

4. Folat

Folat juga sangat penting selama trimester 2 kehamilan. Asupan folat trimester 2 yang direkomendasikan adalah 600 mikrogram per hari. Memenuhi asupan folat harian sangat penting untuk mencegah risiko bayi cacat lahir, seperti spina bifida. Beberapa sumber alami folat, antara lain sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan kerang, ayam, jeruk, dan kerang.

5. Kalsium

Ibu hamil juga perlu memenuhi asupan kalsium di trimester 2 sebanyak 1200 miligram. Hal ini dikarenakan kalsium berfungsi untuk membantu pembentukan tulang dan pemadatan tulang dalam tubuh bayi. Beberapa makanan yang kaya akan kalsium, antara lain susu, telur, keju, yogurt, brokoli, bayam, daun kale, ikan sarden, ikan teri, serta kacang kedelai dan produk olahannya.

6. Seng

Vitamin ibu hamil trimester 2 selanjutnya adalah seng. Ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan seng pada trimester 2 sebanyak 14 miligram. Jika ibu hamil kekurangan zat besi, maka dapat meningkatkan risiko bayi cacat lahir, kelahiran prematur, serta keterbatasan pertumbuhan bayi. Beberapa makanan yang kaya akan seng, antara lain makanan laut, sayuran hijau, daging merah, serta kacang-kacangan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout