Blog

susu kedelai untuk ibu hamil

 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang lezat, susu kedelai ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Meski demikian, ibu hamil perlu mengonsumsi susu kedelai sesuai dengan asupan yang  disarankan. Apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu hamil?

Susu kedelai adalah susu yang berasal dari hasil olahan kacang kedelai yang telah direbus dan digiling, lalu dicampur air. Dałam satu gelas susu kedelai murni, mengandung 130-140 kalori, 8 gram karbohidrat, dan 7 gram protein. Berikut 5 manfaat susu kedelai untuk ibu hamil:

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Selain karbohidrat dan protein, susu kedelai juga mengandung vitamin A, vitamin B12, vitamin D, kalsium, zat besi, zinc, dan isoflavon. Berikut 5 manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janin:

1. Mendukung pembentukan jaringan dan organ tubuh janin

Kandungan protein dalam susu kedelai sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Manfaat protein, antara lain mengurangi risiko janin terlahir dengan berat badan rendah, mendukung pembentukan jaringan dan organ tubuh janin, termasuk otak. Selain itu, protein juga berperan dalam perkembangan rahim dan payudara ibu hamil dan membantu persiapan untuk menghadapi proses persalinan dan masa menyusui.

2. Memenuhi asupan vitamin ibu hamil dan janin

Manfaat susu kedelai berikutnya adalah kaya akan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin B12. Vitamin A berperan dalam perkembangan mata, tulang, kulit, dan organ di dalam tubuh janin, membentuk sistem kekebalan tubuh janin, menjaga kesehatan mata, dan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Sedangkan vitamin B12 berfungsi untuk mendukung proses pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan memelihara kesehatan jaringan saraf ibu dan janin. Ibu hamil yang kekurangan vitamin B12 dapat berisiko terkena preeklampsia, anemia, dan keguguran.

3. Mendukung perkembangan sistem saraf janin

Susu kedelai juga kaya akan folat yang merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf dan otak janin. Asupan folat dan vitamin B12 yang tercukupi selama kehamilan terbukti bisa mencegah terjadinya kelainan bawaan lahir pada saraf bayi, seperti spina bifida.

4. Mencegah anemia

Susu kedelai mengandung zat besi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Beberapa manfaat zat besi dalam susu kedelai adalah membentuk sel darah merah di tubuh ibu hamil, mencegah terjadinya anemia, serta mencegah risiko terjadinya kelahiran prematur.

5. Memperkuat jaringan tulang dan gigi pada janin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam pembentukan jaringan tulang dan gigi pada janin.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi susu kedelai. Jumlah konsumsi susu kedelai yang direkomendasikan bagi ibu hamil, yaitu 1-2 gelas per hari. 

Jika ibu hamil memiliki kondisi diri dan janin yang sehat, maka susu kedelai bisa dimasukkan sebagai menu sehari-hari. Namun, jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti kanker payudara atau tiroid, maka disarankan untuk membatasi atau tidak mengonsumsi susu kedelai. Jika bumil masih ragu apakah boleh atau tidak mengonsumsi susu kedelai, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout