Blog

Jamur Enoki

Ini 5 Manfaat Luar Biasa Jamur Enoki

Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Dengan bentuk yang menyerupai tauge berwarna putih, jamur yang berasal dari Jepang ini memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang tinggi. Bahkan, karena manfaat jamur enoki yang luar biasa untuk kesehatan, jamur enoki sejak lama digunakan sebagai pengobatan di Jepang dan Tiongkok. 

Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang dilakukan dalam beberapa dekade terakhir. Penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan nutrisi dan senyawa aktif dalam jamur enoki berkhasiat dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker dan jantung. Apa saja manfaat penting jamur enoki yang perlu Anda ketahui? Berikut penjelasannya.

1. Pengobatan Tradisional

Menurut penelitian, jamur enoki telah dimanfaatkan sebagai sajian dan pengobatan tradisional sejak tahun 800 Masehi. Penelitian tersebut menemukan bahwa jamur enoki mengandung banyak kandungan yang penting untuk kesehatan, seperti antikanker, antimikroba, imunomodulator, dan antioksidan. Imunomodulator bahkan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan penting jamur enoki lainnya, termasuk riboflavin, asam pantotenat, tiamin, niasin, kalium, kalsium, tembaga, besi, selenium, asam amino, valine, lisin, dan ergothioneine. 

2. Membantu Mencegah Kanker

Kandungan nutrisi dalam jamur enoki bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Dalam suatu penelitian dari Research Institute of National Cancer, ditemukan hubungan antara pusat budidaya jamur enoki di Nagano, Jepang, dengan penurunan angka kematian akibat kanker di wilayah tersebut. Peneliti menduga kondisi itu dikarenakan masyarakat di Nagano yang merupakan pusat budidaya jamur enoki rutin mengonsumsi jamur enoki. 

3. Mencegah Risiko Diabetes

Bagi pengidap diabetes, tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi jamur enoki. Jamur enoki diketahui bebas gula. Penelitian juga menemukan bahwa kandungan serat yang tinggi dalam jamur enoki dapat mengontrol kadar glukosa darah dan membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, dapat membantu tubuh untuk memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga mengurangi risiko diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jamur enoki kaya akan serat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan, mengatur sistem pergerakan usus, dan mencegah sembelit. Selain itu, jamur enoki juga memiliki kalori yang rendah, sehingga dibutuhkan untuk pencernaan yang lebih sehat. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menemukan bahwa kandungan anti-bakteri, anti-virus, dan anti-mikroba dalam jamur enoki dapat melindungi organ pencernaan dari berbagai bakteri tidak sehat dalam perut.

5. Mencegah Risiko Anemia

Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi pada tubuh yang dapat mengganggu fungsi kerja tubuh. Saat tubuh kekurangan zat besi, maka kadar hemoglobin yang rendah membuat jantung harus bekerja keras untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini mengakibatkan jantung berdetak tidak teratur dan sangat cepat. Kondisi ini pada umumnya dialami oleh ibu hamil. Untuk mencegah kekurangan zat besi, rutin mengonsumsi jamur enoki adalah salah satu solusi yang tepat karena mengandung zat besi yang dapat mencegah risiko anemia.

Nah, beragam bukan manfaat jamur enoki? Yuk, mulai jadikan jamur enoki sebagai menu sehat sehari-hari. Namun, bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi sebelum mengonsumsi jamur enoki. Pastikan untuk mencuci dan mengolah jamur enoki hingga matang agar aman untuk kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout