Blog

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah naga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan beragam vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Agar asupan nutrisi ibu hamil tercukupi, disarankan untuk mengonsumsi buah naga. Apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil?

Manfaat buah naga untuk ibu hamil, antara lain mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta membantu mengatasi berbagai keluhan selama kehamilan, seperti anemia dan sembelit. Berikut beberapa manfat buah naga untuk ibu hamil lainnya:

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, protein, karbohidrat, serat, zat besi, serta antioksidan. Beragam kandungan nutrisi tersebut dapat membantu kesehatan ibu hamil dan janin tetap terjaga selama kehamilan. Selain itu, berikut beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya:

1. Melindungi dan menjaga kesehatan sel

Buah naga kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membantu membentuk kolagen di dalam kulit, otot, tulang, dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara optimal. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi vitamin C secara berlebihan, karena kelebihan vitamin C selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

2. Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Kandungan beberapa jenis antioksidan dan tiamin dalam buah naga berperan dalam membantu perkembangan otak janin. Selain itu, kandungan riboflavin dalam buah naga juga bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta membantu pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.

3. Mencegah terjadinya sembelit

Manfaat buah naga lainnya adalah mencegah terjadinya sembelit selama kehamilan, serta membantu tubuh mengeluarkan racun. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25-30 gram per hari. Buah naga mengandung 3 gram serat per 100 gram. Agar asupan serat tercukupi, ibu hamil bisa menambah asupan serat dengan mengonsumsi makanan lainnya, seperti sereal dan roti dari gandum utuh. 

4. Mencegah anemia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi per hari. Manfaat zat besi, antara lain berperan dalam pertumbuhan janin, mencegah anemia, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin, karena mengandung sekitar 7 persen kebutuhan zat besi harian seseorang. Ibu hamil yang kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Selain beberapa manfaat di atas, buah naga juga dapat membantu ibu hamil menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Untuk mendapatkan manfaat buah naga, Anda bisa mengonsumsinya sesuai selera, seperti dałam bentuk jus segar atau sebagai campuran yogurt dan salad buah. Meski banyak memberikan manfaat untuk ibu hamil, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang memastikan keamanan buah naga untuk ibu hamil. Oleh karena itu, agar tetap aman untuk kesehatan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah naga dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Jika masih ragu, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait asupan nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout