Blog

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil: Cegah Anemia Hingga Imun Tubuh

Manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung vitamin dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. 

Manfaat buah naga yang terpenting untuk ibu hamil adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk membantu mengatasi sembelit dan anemia yang sering dialami ibu hamil. Berikut beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil:

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin D, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), protein, karbohidrat, antioksidan, serat, dan zat besi. Beragam nutrisi tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil agar tetap sehat dan kuat selama kehamilannya. Berikut 4 manfaat buah naga yang penting untuk ibu hamil:

1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Kandungan antioksidan dan tiamin dalam buah naga dibutuhkan ibu hamil untuk membantu perkembangan otak janin. Selain itu, kandungan riboflavin dalam buah naga juga bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta berperan penting dalam mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.

2. Melindungi dan menjaga kesehatan sel

Manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya berasal dari kandungan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta berperan penting dalam membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit, serta pembuluh darah. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, disarankan agar ibu hamil tetap bijak dalam mengonsumsi vitamin C, karena kelebihan vitamin C selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

3. Mencegah terjadinya sembelit

Buah naga mengandung serat yang sangat bermafaat untuk mencegah terjadinya sembelit selama masa kehamilan, serta membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Buah naga mengandung 3 gram serat per 100 gram, sehingga ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan serat sebanyak 25-30 gram serat per hari. Agar kebutuhan serat tercukupi, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti roti dari gandum utuh dan sereal.

4. Mencegah anemia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah naga dapat memenuhi asupan zat besi harian seseoarang sebanyak 7 persen. Zat besi dibutuhkan ibu hamil untuk membantu pertumbuhan janin, mencegah anemia, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk memenuhi asupan zat besi, ibu hamil perlu mengonsumsi sebanyak 27 miligram per hari. Dengan rutin mengonsumsi buah naga, ibu hamil dapat memenuhi asupan zat besi harian. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi terlahir prematur dan berat badan bayi rendah.

Selain 4 manfaat di atas, buah naga juga dapat membantu menjaga tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan mengendalikan kadar kolesterol. Buah naga juga dapat dijadikan sebagai olahan menarik sesuai selera Anda, misalnya jus segar atau sebagai campuran dalam salad buah dan yogurt.

Meski dipercaya bermanfaat untuk ibu hamil, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas buah naga untuk ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi dalam jumlah yang cukup. Agar lebih aman untuk kesehatan, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar sesuai dengan asupan yang dibutuhkan ibu hamil.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout